Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kecelakaan Fatal Pol Espargaro di Sirkuit Portimao

Kompas.com - 25/03/2023, 14:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Pebalap Gasgas ini juga mengalami cedera berat.

Dikutip dari Crash.net, Sabtu (25/3/2023), Pol mengalami kecelakaan saat masuk tikungan 10 dengan kondisi sedang melaju kencang.

Akibat dari kecelakaan tersebut, bendera merah alias red flag pun dikibarkan.

Baca juga: FP2 MotoGP Portugal Bersebar Red Flag, Miller Tercepat Disusul Vinales

Pol mengalami patah tulang rahang, patah tulang punggung, dan mengalami pulmonary contusion (cedera paru-paru) akibat dari kecelakaan tersebut. Namun, belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya.

Saat ini, diduga ada tiga penyebabnya, yakni cedera karena mengenai gravel trap, tertimpa motornya sendiri, atau saat menabrak dinding pengaman.

Meski mengalami pukulan yang sangat berat pada dada dan punggungnya, Pol masih sadar dan bisa menggerakkan kaki serta lengannya.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Portugal, Alex Marquez Tercepat, Mir Kedua

Direktur Medis MotoGP Angel Charte mengatakan, Pol Espargaro mengalami kecelakaan dengan intensitas tinggi dan mengalami banyak trauma.

Untuk menentukan sejauh mana, dia perlu dievaluasi melalui pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit Faro, khususnya tulang belakangnya.

Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulangDok. The-race.com Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulang

"Tingkat oksigennya bagus, tetapi dia mengalami memar pada paru-paru yang cukup signifikan, sejauh mana kami perlu mengonfirmasi dengan CT scan dan MRI di rumah sakit Faro," ujar Charte.

Lebih lanjut Charte mengatakan, Pol Espargaro menderita trauma tulang belakang yang parah dan memar pada paru-parunya yang harus dipantau dengan ketat.

"Meskipun saya pikir dia akan pulih dengan baik, kami perlu melakukan tes yang sesuai untuk menentukan sejauh mana cederanya," kata Charte.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com