Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADM Pastikan Indonesia Aman dari Skandal Uji Tabrak

Kompas.com - 03/05/2023, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan jika skandal manipulasi tes tabrak samping di Thailand dan Malaysia tidak melibatkan produk buatan maupun yang dipasarkan di Tanah Air.

Oleh karenanya, dikatakan Marketing dan Planning & Communication Director ADM Sri Agung Handayani, konsumen Daihatsu di Indonesia tidak perlu khawatir soal masalah tersebut.

"Terkait yang terjadi di global, untuk Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia tidak terdampak terhadap masalah ini. Jadi pelanggan tetap dapat memakai kendaraan buatan Daihatsu dengan aman dan nyaman," katanya dihubungi Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: Mobil Terseret Banjir Bandang Saat Berwisata, Bisa Klaim Asuransi?

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Agung bahkan memastikan bahwa semua mobil Daihatsu yang dipasarkan di dalam negeri sudah melewati semua pengujian dengan mengacu standar yang berlaku.

Sekalipun memang ada konsumen yang hendak memastikannya, bisa datang ke diler resmi Daihatsu.

"Semua pengujian kendaraan Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia sudah memenuhi ketentuan standar keamanan yang berlaku. Jadi aman," kata dia.

Sebelumnya, dikutip Asia.nikkei.com, Sabtu (29/4/2023), Daihatsu dilaporkan telah mencurangi bagian dalam pintu dalam uji keselamatan tabrak samping yang meliputi sekitar 88.000 unit. Sebagian besar dari unit itu merek Toyota.

Prinsipal Daihatsu mengonfirmasi sudah melakukan modifikasi pada pintu sisi samping untuk meminimalkan risiko agar bagian dimaksud tidak pecah hingga berkeping-keping dengan ujung yang tajam.

Baca juga: Toyota dan Daihatsu Terkena Skandal, Curang Saat Tes Tabrak

Toyota Yaris ATIV Foto: Carscoops.com Toyota Yaris ATIV

Sebab apabila terjadi demikian, bisa melukai penumpang ketika airbag pada mobil mengembang.

Toyota mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan kecelakaan atau cedera terkait dengan uji tabrak samping yang dicurangi.

"Kami akan melanjutkan penyelidikan terperinci mulai sekarang, tetapi kami berjanji untuk memahami dengan pasti apa yang terjadi di lokasi, menyelidiki niat sebenarnya, dan bekerja dengan tulus untuk mencegah terulangnya hal tersebut. Kita akan membutuhkan waktu untuk melakukan itu," kata Ketua Dewan di Toyota, Akio Toyoda.

Adapun produk yang terlibat, ialah 76.289 unit Toyota Yaris ATIV alias Vios produksi Agustus 2022 dan 11.834 unit Perodua Axia, kembaran dari Daihatsu Ayla, dengan tahun produksi Februari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com