Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Waktu Penerapan One Way Saat Puncak Arus Balik Lebaran 2023

Kompas.com - 25/04/2023, 06:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Selama arus balik Lebaran yang dimulai, Senin (24/4/2023) ini, Korlantas Polri kembali menerapkan one way alias lajur satu arah untuk kendaraan yang menuju ke Jakarta. 

Rekayasa tersebut diberlakukan di Gerbang Tol Kalikangkung hingga Tol Jakarta-Cikampek. Sesuai rencana, penerapan aturan itu akan berlaku sampai Rabu (26/4/2023). 

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023. Pada hari pertama, one way akan berakhir pukul 00.00 WIB. 

"Bersama PT Jasa Marga kita evaluasi kepadatan lalu lintas kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Kalikangkung. Puncak arus balik gelombang pertama kemungkinan di tanggal 24 dan 25," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/4/2023). 

Baca juga: Imbauan bagi Pemudik yang Pulang Lewat GT Kalikangkung Saat One Way

Pada puncak arus balik, one way di Gerbang Tol Kalikangkung akan diberlakukan sejak pukul 08.00-00.00 WIB. 

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.
Jasa Marga Pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

"Ada dua gelombang pemberlakuan one way, yang pertama hari ini. Dan untuk one way selanjutnya dimulai 29-30 April," ujar. 

Menurutnya, jika terjadi kepadatan kendaraan yang menuju ke arah barat, kepolisian akan melakukan one way lokal di tol dalam kota Semarang. 

Baca juga: Ada One Way, Berikut Alternatif Jalan bagi Kendaraan ke Arah Timur

"Arus mudik kemarin, one way lokal diberlakukan sampai Gerbang Tol Bawen. Ini situasional dan melihat situasi puncak arus balik. Jika padat tol Semarang A,B, dan C kita jadikan satu arah untuk kendaraan ke arah barat," kata Agus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com