Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Ngecas Ponsel di Mobil Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Kompas.com - 19/04/2023, 13:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan gawai seperti smartphone nampaknya akan sering digunakan oleh penumpang saat mudik lebaran. Supaya penggunaan smartphone aman dan mudik tidak terganggu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hal tersebut yakni perihal pengecasan alias isi daya smartphone. Pemudik disarankan untuk tidak menggunakan aksesori power inverter untuk mengecas smartphone.

“Kalau mudik biasanya banyak yang menggunakan power inverter, apalagi pemudik yang punya anak kecil. Menurut mereka itu sangat membantu, karena bisa mengisi daya banyak baterai sekaligus,” kata Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani di Jakarta belum lama ini.

Padahal menurut Juni, mengecas smartphone dengan menggunakan power inverter sangat riskan karena bisa memicu aki soak atau sekring putus.

Baca juga: Jangan Terlalu Sering Injak Setengah Kopling

Jangan pakai power inverter di mobilFlickr/AndyArthur Jangan pakai power inverter di mobil

Hal itu dikarenakan daya yang digunakan oleh power inverter akan sangat besar dan jauh melebihi daya maksimal yang disarankan oleh power outlet.

Power outlet dan colokan USB di mobil biasanya berdaya kecil, cuma sekitar 1 ampere 2 ampere. Kalau pakai power inverter ditambah balok charger bawaan smartphone, dayanya bisa melonjak drastis,” kata dia.

Juni menjelaskan, balok charger smartphone lansiran terbaru sudah memiliki daya besar. Saat ini, hampir semua charger memiliki daya minimal sebesar 7 ampere bahkan 10 ampere. Hal itulah yang beresiko memicu aki soak dan sekring power outlet putus.

Supaya mudik tidak terkendala karena dua masalah tersebut, Juni menyarankan pemudik untuk menggunakan power outlet standar bawaan mobil saja.

“Walaupun mungkin pengisian dayanya akan sedikit lama, ini jauh lebih aman dibandingkan ngecas menggunakan power inverter. Kalau baterai habis, istirahat tidur saja,” kata dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com