Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Lokasi dan Fasilitas Rest Area Sementara di Tol Cisumdawu

Kompas.com - 18/04/2023, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas Cimalaka-Dawuan yang menjadi bagian dari Jalan Tol Cisumdawu dengan panjang 29,3 kilometer (km) resmi dioperasikan secara fungsional untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2023.

Dengan beroperasinya Seksi 4-6 tersebut, secara total Tol Cisumdawu terlah terhubung utuh sepanjang 62 km dari ruas Tol Cipularang hingga Cipali sebagai akses baru menuju To Cipali dan Trans-Jawa.

Namun, bagi masyarakat yang ingin melintas untuk memangkas jarak ke Cipali, penting mengetahui bahwa sepanjang Tol Cisumdawu belum tersedia fasilitas peristirahatan atau rest area permanen.

Baca juga: Jajal Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan yang Beroperasi Fungsional

Selama musim mudik Lebaran tahun ini, pemerintah baru menyediakan rest area sementara dengan fasilitas yang bisa dibilang belum selengkap pada umumnya.

Lokasi rest area sementara di Tol Cisumdawu berada di Km 194, tepatnya setelah pengguna jalan masuk ke ruas fungsional Cimalaka menuju Dawuan.

Tol Cisumdawu, ruas fungsional Cimalaka-DawuanKOMPAS.com/STANLY RAVEL Tol Cisumdawu, ruas fungsional Cimalaka-Dawuan

Posisi rest area sementara tersebut berada di sebelah kanan, menggunakan sebagian jalur sebaliknya yang memang belum dibuka untuk saat ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rest area sementara tersebut bisa menampung sekitar 200 kendaraan dan sudah memiliki beberapa fasilitas.

Baca juga: Pemudik Jangan Nekat Menggelar Kasur di Kabin Mobil

"Sudah dilengkapi fasilitas toilet, pom bensin, dan minimarket," kata Basuki dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Dari pantauan Kompas.com saat berkunjung, beberapa fasilitas yang disebutkan memang sudah tersedia, seperti toilet portabel, minimarket, dan warung-warung kecil lainnya.

Selain itu, bagi pemudik yang membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan, juga sudah ada dua SPBU modular yang disediakan Pertamina dengan kapasitas masing-masing mencapai 3.000 liter.

Dengan demikian, urusan kebutuhan bahan bakar tak terlalu dikhawatirkan, apalagi juga sudah tersedia layanan petugas motoris yang siap mengantar BBM bila pemudik terjebak macet atau mogok.

Baca juga: Adu Gagah Hyundai Creta Vs Suzuki Grand Vitara, Pilih Mana?

"Para pemudik yang akan melintas di tol fungsional, Pertamina telah menyediakan dua SPBU modular. Kita juga siapkan Kiosk Pertamina Siaga, dengan BBM dalam kemasan, dan produk pelumas yang bisa dimanfaatkan pemudik," kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution.

Tol Cisumdawu, ruas fungsional Cimalaka-DawuanKOMPAS.com/STANLY RAVEL Tol Cisumdawu, ruas fungsional Cimalaka-Dawuan

Namun, perlu dicatat, bahan bakar yang disediakan Pertamina pada rest area sementara di Tol Cisumdawu tidak memasarkan Pertalite, tetapi hanya Pertamax untuk mobil mesin bensin.

Untuk kendaraan diesel, disediakan Pertamina Dex yang dijual dalam kemasan. Pemudik juga perlu memastikan kondisi kendaraan karena belum tersedia layanan bengkel siaga untuk menangani masalah-masalah teknis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com