Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet, Polda Jateng Siapkan One Way Lokal

Kompas.com - 18/04/2023, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Jateng bakal menerapkan sistem one way lokal dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Bawen. Kebijakan ini diambil dalam rangka mendukung one way nasional di jalan tol yang dimulai Selasa (18/4/2023) pukul 14.00 WIB.

“Kami siapkan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Bawen untuk one way lokal,” ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi, dilansir dari NTMC Polri (17/4/2023).

Penerapan sistem one way akan diawali dengan sterilisasi dua jam sebelumnya pada pukul 12.00 WIB. Kemudian pada pukul 14.00 WIB diberlakukan sistem one way mulai dari Gerbang Tol Cikampek hingga GT Kalikangkung.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Dikejar Polisi di Jalan Tol

Pemberlakuan one way dari kilometer 47 sampai kilometer 70 tol Jakarta-Cikampek telah dihentikan, Sabtu (30/4/2022). Kepadatan terjadi di sejumlah titik.KOMPAS.COM/FARIDA Pemberlakuan one way dari kilometer 47 sampai kilometer 70 tol Jakarta-Cikampek telah dihentikan, Sabtu (30/4/2022). Kepadatan terjadi di sejumlah titik.

“Pengemban fungsi lalu lintas sudah dilatih kembali, cara bertindak dengan sterilisasi tiap dua jam saat diberlakukan one way kemudian mengeluarkan arus di daerah penyangga dari Krapyak Semarang sampai Brebes,” ucap Luthfi.

Di samping itu, sejumlah ruas jalur arteri disiapkan untuk menerima limpahan arus mudik dari ruas jalan tol.

“Misal masih terjadi penumpukan di wilayah Kalikangkung, nanti diurai lewat gate Kaliwungu, Kaligawe, hingga sampai Batang atau kalau perlu tarik arusnya sampai Bawen,” kata Luthfi.

“Diprediksi peningkatan terjadi besok Selasa (18/4). Namun, arus dimungkinkan dapat dikendalikan dengan penerapan one way nasional ditambah one way lokal,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com