Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Mudik Hari Ini, Simak Daftar Link CCTV untuk Pantau Lalu Lintas

Kompas.com - 17/04/2023, 03:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan memprediksi arus lalu lintas di sejumlah wilayah akan mulai padat kendaraan pada 17 April 2023 dan 19 April 2023 karena memasuki arus mudik Lebaran 2023.

Dalam kondisi tersebut, bagi yang hendak melakukan perjalanan ke dalam dan luar kota, baiknya memikirkan manajemen perjalanan lagi supaya menghindari hal-hal tak diinginkan seperti kecelakaan karena kelelahan.

Salah satu manajemen perjalanan yang bisa dilakukan dengan memantau arus lalu lintas terkini. Pemudik bisa melihatnya melalui website dengan layanan live streaming dari tangkapan kamera CCTV dari ponsel.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Amerika 2023, Balapan Sebelum Sahur

Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022.Aprillio Akbar Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022.

Adapun perusahaan yang menyediakan layanan ini, sedikitnya ada enam, yaitu Jasa Marga, Kemenhub melalui Road Transport and Traffic Manajemen Center (RTTMC), Bina Marga, sampai beberapa Pemerintah Provinsi.

Jasa Marga menyediakan layanan live di jalanan tol milik perusahaan tersebut. Caranya dengan mengunduh aplikasi Travoy yang tersedia di Play Store dan Apps Store.

Pada aplikasi itu, pemudik dapat langsung terhubung dengan CCTV yang terdekat dengan lokasi. Selain itu bisa mengecek keadaan jalan tol yang akan dilewati nantinya.

Sementara untuk live streaming layanan CCTV lalu lintas di sejumlah Pemprov seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, bisa diakses melalui laman atau platform resmi masing-masing Pemprov.

Pemudik dapat langsung memilih ruas jalan atau tol mana yang diinginkan. Nantinya akan tersedia keadaan jalanan tersebut melalui perangkat yang dimiliki.

Baca juga: Jalan Arah Cikampek, Bisa Mampir Posko Mudik Dunlop di Rest Area KM 57

Situasi kendaraan yang melintasi Jalan Tol Cikampek, Jumat (29/4/2022) malam.Dokumentasi Jasa Marga Situasi kendaraan yang melintasi Jalan Tol Cikampek, Jumat (29/4/2022) malam.

Berikut ini sejumlah link CCTV yang bisa dimanfaatkan saat perjalanan mudik Lebaran nanti:

1. CCTV Lalin RTTMC :
https://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv

2. CCTV Lalin Jawa Barat :
https://pelindung.bandung.go.id/maps

3. CCTV Lalin Jawa Tengah : https://perhubungan.jatengprov.go.id/cctv-pantauan-mudik2022

4. CCTV Lalin Jawa Timur : aplikasi SITS

5. CCTV Jalan Tol Bina Marga : https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv

6. CCTV JaLan Tol Jasa Marga : aplikasi Travoy

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com