Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal di Sprint Race, Alex Siap Balas Dendam di MotoGP Amerika

Kompas.com - 16/04/2023, 17:52 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi keempat MotoGP Amerika 2023. Meski demikian dia tetap percaya diri untuk membalas dendam kesalahannya pada sprint race.

Alex menjadi salah satu pebalap yang diperhitungkan selama sesi kualifikasi. Hal tersebut diakui oleh Francesco Bagnaia, peraih pole position di Sirkuit Austin bahwa Ducati Desmosedici GP22 sangat kencang.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Kerja Kerasnya di Ducati Sama Seperti di Honda

Start dari posisi empat tentunya posisi yang sangat strategis bagi Alex untuk meraih poin besar. Apalagi, pebalap bernomor start 73 ini sepertinya sudah mengenal karakter Ducati Desmosedici GP22 sangat cepat.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio HondoDok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

Saat sprint race, Alex gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh. Dia mengalami lowside saat mengejar Jorge Martin yang saat itu berada di posisi ketiga.

Alex Marquez kehilangan cengkeraman ban di tikungan 12 saat akan menyelesaikan lap 5 dari 10 lap. Padahal berpotensi mendapat poin besar untuk tambahan di klasemen sementara MotoGP 2023.

Baca juga: Alex Marquez Sarankan Asosiasi Pebalap MotoGP Dibentuk

“Saya merasa performa sangat sempurna di balapan, meskipun sempat terjatuh di kualifikasi kita masih percaya diri dan motor sangat kencang berkat rekomendasi ahli dari tim mekanik," ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023

Alex menambahkan, dirinya merasa kurang baik secara fisik dan sehingga terempas ketika pengereman kuat di tikungan 12 dan terjatuh.

“Saya mencoba 'melepaskan diri' setelah Sprint Race dan sekarang saya merasa cukup sehat, dan siap untuk menebus kesalahan besok,” kata Alex.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

Sementara rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, akan start dari posisi ke-16. Menurutnya, perubahan cuaca yang drastis di Sirkuit Austin membuat Desmosedici GP22 sangat berbeda ketika latihan pagi dan petang hari. Ketika FP3, dia bisa berada di posisi kesembilan.

Pembalap yang akrab dipanggil Diggia ini mengakui alami kesulitan sepanjang dua hari latihan, motornya sering alami understeer ketika di tengah tikungan.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

“Membuat saya kesulitan menikung sesuai keinginan. Sesuatu yang tiba-tiba terjadi dengan kami apalagi lintasan ini sama sekali tidak membantu,” ujar Diggia.

“Kita mencoba beberapa setelan motor di pagi hari dan bisa lebih baik posisinya, tapi kesulitan di sirkuit ketika kondisi lintasan berubah dan cengkeraman ban berkurang,” katanya.

Pada klasemen sementara MotoGP 2023, usai sprint race MotoGP Amerika 2023, Alex berada di peringkat keempat dengan 33 poin. Sedangkan Diggia, berada di peringkat ke-17 dengan 6 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com