Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cisumdawu, Jarak dari Bandung ke Tol Trans Jawa Jadi Lebih Singkat

Kompas.com - 16/04/2023, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung dengan Dawuan di Subang, telah tersambung sepanjang 29,3 km, dan sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Tersambungnya ruas tol ini membuat pengguna kendaraan dari arah Bandung bisa langsung menuju Tol Trans Jawa, tanpa harus memutar lewat Tol Cipularang.

Selain itu, Tol Cisumdawu juga dibuat agar pengguna kendaraan yang ingin menuju Bandara Kertajati menjadi lebih mudah.

Baca juga: Tol Tangerang-Merak Diskon 20 Persen Selama Mudik Lebaran

Tol Cisumdawu mulai beroperasi penuh hari ini, Minggu (16/4/2023). Dok. Polres Sumedang/KOMPAS.comKOMPAS.COM/AAM AMINULLAH Tol Cisumdawu mulai beroperasi penuh hari ini, Minggu (16/4/2023). Dok. Polres Sumedang/KOMPAS.com

"Dari segi prasarana, untuk Tol Cisumdawu saya sampaikan sudah siap dimanfaatkan secara fungsional. Dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka dua lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023 ini," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis (15/4/2023).

Sebelumnya pada Desember 2022 silam, tol Cisumdawu seksi 1 - 3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah operasional.

Kini, Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,1 Km).

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Usai Sprint Race Amerika, Bezzecchi Masih Memimpin

Dengan demikian tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas tol Cipularang hingga ruas tol Cipali.

Bila ditambah jarak Tol Padalarang ke Tol Cileunyi sejauh 64,6 km, maka rute Bandung sampai Dawuan Interchange via Tol Cisumdawu memiliki jarak 126,6 km.

Jelas lebih singkat dibandingkan harus melewati rute memutar, melalui Tol Cipularang, lalu masuk Tol Trans Jawa.

Untuk diketahui, jarak Tol Padalarang ke Tol Cileunyi sejauh 64,6 km, sementara Tol Cipularang menuju Tol Cikampek sejauh 58,5 km.

Baca juga: Viral Video Mobil Parkir Sembarangan dan Terserempet Truk

Kondisi Jalan Tol Cisumdawu di mana seksi 4 hingga seksi 6 akan fungsional di masa mudik Lebaran 2023. Kementerian PUPR Kondisi Jalan Tol Cisumdawu di mana seksi 4 hingga seksi 6 akan fungsional di masa mudik Lebaran 2023.

Sedangkan dari Tol Cikampek menuju Dawuan Interchange kurang lebih 83,3 km. Artinya dari Tol Cileunyi sampai Dawuan Interchange via Tol Cipularang berjarak total 206,4 km.

Sementara itu, Kementerian PUPR dan BUJT juga menyiapkan rest area sementara di KM 194+400 Seksi 4B untuk mendukung arus mudik.

"Karena di Cisumdawu belum ada rest area yang dibangun, satu jalur kita fungsikan untuk rest area sementara. Bisa menampung sekitar 200 kendaraan, sudah dilengkapi fasilitas toilet, pom bensin, dan minimarket," ucap Basuki.

Baca juga: Quartararo dan Marquez Kecelakaan di Sprint Race MotoGP Amerika

Tol Cisumdawu.Dok. Kementerian PUPR. Tol Cisumdawu.

Setelah arus mudik, Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada awal Juni 2023.

"Akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni 2023, semua ruas Tol Cisumdawu 62 km sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com