Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chery Mulai Dekati Pemerintah untuk Bikin Charging Station

Kompas.com - 15/04/2023, 19:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) berencana untuk meluncurkan sedikitnya empat model kendaraan listrik jenis battery electric vehicle (BEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga akhir tahun 2024.

Vice President CSI Harry Kamora menyebutkan, salah satu dari produk itu ialah Omoda 5 BEV yang bakal dirilis pada akhir tahun ini dan dijual secara resmi di 2024 mendatang.

Lantas bagaimana dengan fasilitas charging station? Mengingat mobil listrik selain hybrid sangat rekat ikatannya dengan charging station. Sementara saat ini kesiadaan fasilitas terkait masih belum terlalu banyak.

Baca juga: Tips Aman Cas Ponsel di Mobil Selama Perjalanan Mudik

Bocoran strategi produk Chery di IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Bocoran strategi produk Chery di Indonesia

Menanggapi hal itu, Harry menjelaskan bahwa pihaknya akan senantiasa untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah guna menghadirkan charging station di wilayah yang dibutuhkan.

"Memang charging station menjadi suatu perhatian ya untuk mobil listrik. Kami akan berkerja sama dengan pemerintah RI untuk mendorong kehadiran fasilitas tersebut di berbagai wilayah yang lebih luas," ucap Harry di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Namun dalam kesempatan tersebut, tidak dinyatakan bila Chery akan membuat fasilitas charging station mandiri baik di seluruh jaringan diler resmi maupun di beberapa kawasan tertentu.

Diharapkan dengan hadirnya mobil listrik jenis BEV baru, charging station yang ada di Indonesia semakin banyak sehingga perlahan, ekosistem elektrifikasi ini bisa berkembang secara pasti.

Baca juga: Suzuki Akan Rilis Mobil Hybrid Tahun Ini, Diduga XL7

Kementerian PUPR siapkan SPKLU tambahan di ruas tol fungsional. Berikut adalah daftar rest area dengan Charging Station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tol Trans Jawa.Dok. Kementerian PUPR Kementerian PUPR siapkan SPKLU tambahan di ruas tol fungsional. Berikut adalah daftar rest area dengan Charging Station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tol Trans Jawa.

"Kami akan berkerja sama (dengan pemerintah RI), apa yang dibutuhkan kami akan coba untuk support," kata Harry.

Selain Omoda 5 BEV yang bakal meluncur pada tahun ini, di 2024 akan hadir dua model Range Extended Electric Vehicle (REEV) dua baris dan satu PHEV yang disematkan pada kendaraan jenis SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com