Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Dicabut, White Horse Group Raup Laba Besar

Kompas.com - 27/03/2023, 16:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – White Horse Group menutup 2022 dengan kinerja positif lewat pendapatan perseroan yang meningkat sebesar 96 persen.

Sepanjang 2022 perusahaan layanan transportasi darat ini membukukan pendapatan sebesar Rp 183 miliar, sementara itu pada 2021 hanya sebesar Rp 93 miliar.

Adapun untuk laba bersih White Horse Group per2022 sebesar Rp 19,9 Miliar atau meningkat sebesar 307 persen dimana pada 2021 masih mengalami kerugian sebesar Rp 9,6 Miliar. EBITDA Perseroan juga meningkat dari Rp 21 miliar di 2021 menjadi Rp 55 miliar pada 2022.

Baca juga: Sambil Ngabuburit Bisa Bersihkan Mobil Kesayangan

Direktur Finance & Accounting White Horse Group, Edgar Surjadi mengatakan jika peningkatan tersebut dipicu oleh beberapa peningkatan pendapatan dari beberapa lini bisnis White Horse.

“Seperti diketahui perseroan mempunyai 3 lini usaha yaitu bus charter, intercity shuttle dan logistik, serta open trip. Seluruh lini usaha membukukan kinerja pendapatan yang positif selama tahun 2022,” kata Edgar pada keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Meningkatnya pendapatan White Horse Group juga seiring dengan  kebijakan dari pemerintah  yang memperbolehkan masyarakat melakukan mudik lantaran PPKM COVID-19 telah dicabut pada 2022.

Maka dari itu, menurut Edgar kegiatan yang telah berlangsung normal sangat menguntungkan perusahaan.

Kemudian di tahun 2022, Perseroan juga menambah beberapa rute yang cukup strategis sehingga pendapatan pada sektor jasa intercity shuttle meningkat secara tajam.

Armada Baru White Horse Weha One Luxury Medium BusKompas.com/ Janlika Putri Armada Baru White Horse Weha One Luxury Medium Bus

“Penetrasi digital juga mulai membuahkan hasil positif, hal ini membuat strategi baru bagi perusahaan menjadi lebih mudah untuk di eksekusi. Hampir semua inisiasi dan informasi bisa langsung dijangkau sampai ke pelanggan karena aplikasi kami sekarang banyak di handphone masyarakat serta biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efisien,” kata Edgar.

Untuk 2023, White Horse menargetkan pendapatan meningkat 30-40 persen dibandingkan tahun 2022.

Baca juga: Jam Macet di Jakarta Berubah Selama Bulan Ramadhan

Melengkapi hal tersebut, Andrianto Putera Tirtawisata Direktur Utama White Horse Group mengatakan agar target tercapai, perusahaan berencana untuk melakukan pembelian sekitar 90 unit kendaraan baru baik untuk lini usaha penyewaan bus dan lini usaha jasa angkutan antar kota.

“Nanti bulan ini kita ada 10 unit bus baru dengan kapasitas 35 kursi penumpang yang menggunakan rangka mesin Mercedes Benz OF917. Namun saat ini masih di karoseri tahap finishing pemasangan AC. Direncanakan sebelum musim mudik sudah siap,” kata Andrianto kepada Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com