Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Tertipu Beli Tiket Bus AKAP untuk Musim Mudik 2023

Kompas.com - 27/03/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) masih menjadi kendaraan umum yang banyak diminati masyarakat Indonesia untuk pulang kampung saat musim mudik tiba.

Beberapa perusahaan otobus (PO) biasanya telah menawarkan tiket bus AKAP dengan tarif khusus lebaran. Biasanya, ada kenaikan harga tiket bus AKAP pada saat musim mudik tiba. Maka dari itu, pada awal puasa beberapa calon pemudik telah berburu tiket bus AKAP.

Namun, tidak sedikit pula oknum yang kurang bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk menipu calon penumpang dengan menjual tiket bus dengan harga lebih tinggi atau fiktif.

Baca juga: Tabrak Pebalap Tuan Rumah Miguel Oliveira, Marquez Minta Maaf

Manager Marketing PO Efisiensi dan Tividi, Yosua Heryadhi memberikan beberapa tips aman bagi para calon penumpang yang ingin membeli tiket bus AKAP untuk perjalanan mudik Lebaran 2023.

Ilustrasi bus mudik Lebaran 2023. Harga tiket bus Jakarta-Malang.iStockphoto/zozzzzo Ilustrasi bus mudik Lebaran 2023. Harga tiket bus Jakarta-Malang.

“Pertama, rencanakan dahulu perjalanan Anda dengan jauh-jauh hari. Kemudian periksa atau cek jadwal keberangkatan bus AKAP untuk rute yang akan digunakan saat musim mudik tiba,” kata Yosua kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Baca juga: Ini Tanda Mobil Perlu Melakukan Spooring dan Balancing

Kemudian, Yosua juga mengingatkan untuk jangan lupa pilih agen bus yang terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan harga tiket murah yang ditawarkan oleh seseorang, terutama dari media sosial tanpa mengetahui kejelasan dari PO tersebut.

Maka dari itu, penting bagi calon penumpang untuk memeriksa harga tiket bus apakah sesuai dengan tarif resmi yang ditawarkan oleh PO.

“Lalu, pilih kursi yang tersedia dan pastikan mendapatkan tiket resmi bukan tiket sementara,” kata Yosua.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com