Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrak Oliveira, Marc Marquez Dapat Ganjaran Sanksi di GP Argentina

Kompas.com - 27/03/2023, 03:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - FIM MotoGP Stewards resmi menjatuhi hukuman long lap penalty terhadap Marc Marquez setelah aksinya yang terlalu agresif pada MotoGP Portugal 2023. Aksi ini  membuat pebalap tuan rumah Miguel Oliveira ikut terjatuh.

Sanksi tersebut, berlaku pada gelaran MotoGP musim 2023 berikutnya yaitu GP Argentina yang rencananya digelar pada 3 April 2023 mendatang.

"Pebalap MotoGP #93 Marc Marquez dijatuhi hukuman long lap penalty ganda (dua kali) di MotoGP Argentina karena terlalu agresif dan menyebabkan insiden kecelakaan yang melibatkan pebalap #88 (Miguel Oliveira)," tulis pernyataan resmi MotoGP, Minggu (26/3/2023).

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2023 - Bagnaia Juara, Marc Marquez Tabrakan

Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketigatwitter.com/motogp Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketiga

Dengan hal tersebut, maka peluang pebalap andalan Repsol Honda untuk dapat menyabet titel juara di gelaran MotoGP Argentina pada seri selanjutnya akan semakin sulit. Belum lagi, Marquez juga dikabarkan mengalami cedera tangan usai crash.

Diketahui, Marquez menabrak Oliveira yang sebenarnya memulai start dengan impresif. Hal itu terjadi ketika sang pebalap tuan rumah sedang melibas cukup hati-hati pada tikungan ketiga.

Namun, Marquez yang bergerak terlalu cepat untuk bisa mencapai posisi puncak tiba-tiba berusaha menyalipnya. Hanya saja aksi tersebut tidak dibarengi oleh respons rem yang optimal sehingga motornya menyenggol Jorge Martin.

Sayangnya sentuhan minim tadi tidak lantas membuat motor Marquez berhenti. Tetapi terus meluncur dan menabrak Oliveira yang sedang menikung. Alhasil, kedua pebalap itu pun terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Kecelakaan yang terjadi ini membuat Marquez mengalami patah tulang tangan kanan. Ia akan dilarikan ke Rumah Sakit Dexeus di Barcelona, Spanyol.

Baca juga: Sebelum Tabrak Oliveira, Marquez Senggolan dengan Jorge Martin

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.

"Info medis: Tangan kanan pembalap #93 @marcmarquez93 kemungkinan mengalami patah tulang metacarpal di seri pertama MotoGP," demikian keterangan resmi MotoGP soal cedera Marquez.

Sementara Oliveira yang sempat terbaring di sisi lintasan dan harus dibantu dengan Marquez, diketahui hanya mengalami memar di kaki kanan.

Usai tabrakan itu terjadi, Marquez mendatangi garasi CryptoDATA RNF yang merupakan tim Oliveira untuk meminta maaf. Namun, Oliveira kala itu sedang berada di Medical Center.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com