Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalibrasi Injektor Innova Diesel Butuh Biaya mulai Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 17/03/2023, 11:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pemilik Toyota Kijang Innova diesel mengeluhkan adanya masalah mesin tidak bertenaga dan mengeluarkan asap berwarna putih. Gejala tersebut biasanya karena sistem aliran bahan bakar. 

Melihat gejala itu, bengkel resmi atau spesialis biasanya mengatakan masalah berasal dari injektor bahan bakar. Permasalahan itu nantinya diatasi dengan kalibrasi injektor. Lantas seperti apa proses tersebut? 

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, kalibrasi injektor merupakan pembersihan ujung lubang saluran yang digunakan mengalirkan bahan bakar. 

Mekanik bengkel resmi Toyota melakukan perawatan berkala. Sesuai jadwal perawatan rekomendasi pabrikan Toyota, pemilik kendaraan wajib mengikuti prosedur servis 6 bulan. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Toyota melakukan perawatan berkala. Sesuai jadwal perawatan rekomendasi pabrikan Toyota, pemilik kendaraan wajib mengikuti prosedur servis 6 bulan.

"Innova, Fortuner atau Hi-Ace punya 4 injektor. Jika ada satu injektor yang tersumbat kotoran bio solar, mesin pasti bergetar karena kompresi bahan bakar tidak berfungsi. Nah, kalibrasi itu untuk mengembalikan kondisi," kata Syafruddin. 

Baca juga: Kapan Baiknya Mengganti Filter Solar Innova Reborn Diesel?

Ada dua model kalibrasi, yaitu dengan mengisikan cairan pembersih ke lubang pengisian oli dan juga di bengkel spesialis yang dilakukan dengan mereset settingan injektor. 

Seperti dalam unggahan @esadiesel, pihak bengkel mengaku sering menangani perbaikan mobil bermesin diesel yang mengalami kerusakan pada injektor.  

"Full satu set Rp 2 juta sampai Rp 6 juta, kalibrasi untuk ke-4 injektor mesin. Tergantung masalah yang timbul," demikian informasi yang diperoleh. 

Baca juga: Kapan Waktu Interval Penggantian Timing Belt Innova Diesel?

Dari sejumlah mobil yang masuk ke bengkel, keluhan paling sering ditangani adalah gejala mesin pincang, hingga mesin mati total. 

Bengkel spesialis itu juga melayani perbaikan mesin diesel, dan remap ECU. mesin diesel, dan remap ECU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com