Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 05/01/2023, 11:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Mobil mesin diesel modern dilengkapi berbagai fitur tambahan untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar. 

Bukan hanya itu, kompresi mesin diesel juga cenderung lebih padat karena tenaga dan torsi bisa diraih saat putaran bawah.

Sejauh ini, kebanyakan mesin diesel digunakan sebagai armada operasional, contohnya angkutan barang dan penumpang. Lantas apakah benar mobil mesin diesel lebih bertenaga ketimbang bensin?

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, mesin diesel nilai plusnya adalah torsi yang besar. Torsi dan tenaga secara umum berbeda, bisa dibilang arti mudahnya antara kekuatan angkut dan kecepatan. 

"Truk, bus, hingga kapal pakai mesin diesel. Kompresinya kan besar, untuk muatan, beban itu yang dibutuhkan adalah torsi. Dari kekuatan struktur dan fungsi memang diesel yang khusus dirancang untuk operasional," ucap Syafruddin. 

Baca juga: Deretan Kei Car Modifikasi Daihatsu Mejeng di Tokyo Auto Salon

Bahkan seiring perkembangan zaman mesin diesel dilengakpi turbocharger, dan intercooler untuk mendongrak hasil akhir tenaga dan torsi. Bahkan guna meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM).

Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova DieselKompasOtomotif Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova Diesel

"Diesel irit karena yang dipakai bio solar, itu baru perhitungan dasar. Padahal, harga BBM selisihnya lumayan jauh. Jadi, kegunaannya saja yang lebih penting, bermanfaat untuk kehidupan," kata dia. 

Baca juga: Mobil Mesin Diesel Lebih Irit BBM, Mitos atau Fakta?

Kepala Bengkel Mitsubishi Bumen Redja Abadi Semarang, Ali Yusuf mengatakan, kelebihan mesin diesel adalah dirancang khusus untuk penggunaan berat. 

Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over TebetDicky Aditya Wijaya Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over Tebet

"Tidak ada busi, solar bisa langsung terkompresi. Jadi, kuat saat melibas medan apapun, banjir dan jalan ekstrem tetap aman," kata Ali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com