Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Abu Vulkanik, Perhatikan 3 Bagian Ini agar Mobil Tidak Rusak

Kompas.com - 13/03/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan abu vulkanik melanda wilayah Magelang, Jawa Tengah, sejak Sabtu (11/3/2023). Menyikapi situasi tersebut, pengemudi harus mengambil sikap khusus supaya bagian mobil tidak rusak.

Dijelaskan oleh Hari, Head of Staff technical Office Nasmoco Group, ada beberapa bagian mobil yang harus diperhatikan saat terjadi hujan abu vulkanik.

“Komponen air filter, wiper, dan bodi mobil. Itu tiga bagian yang sangat rawan terdampak abu vulkanik,” kata Hari ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (12/3/2023).

Komposisi struktur abu vulkanik berbeda dengan debu dan pasir biasa. Ada kandungan belerang dan silika halus di dalam abu vulkanik, kandungan itu bisa membuat bodi mobil korosi.

Baca juga: Gara-gara Karpet, Garansi Innova Zenix Hybrid Bisa Hangus

Sejumlah kendaraan melintas di jalan utama kota Magelang yang diselimuti abu vulkanis gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2023). Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas guguran (APG) pada pukul 12.12 WIB yang mengakibatkan hujan abu yang mengarah ke barat laut dan utara, hujan abu dengan intensitas tinggi terjadi di Kota Magelang. ANTARA FOTO/Anis Efizudin Sejumlah kendaraan melintas di jalan utama kota Magelang yang diselimuti abu vulkanis gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2023). Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas guguran (APG) pada pukul 12.12 WIB yang mengakibatkan hujan abu yang mengarah ke barat laut dan utara, hujan abu dengan intensitas tinggi terjadi di Kota Magelang.

Untuk mencegah korosi akibat abu vulkanik, pengguna disarankan menyemprot bodi mobil dengan air bertekanan dan tidak mengelap atau meniup dengan blower.

“Mobil yang kotor karena abu vulkanik enggak boleh dilap, cukup disemprot air saja! Ini penting dan wajib difahami semua pengguna. Jika dilap, kandungan sulfur bisa masuk ke dalam cat dan membuat korosi,” kata Heri.

Komponen lain yang harus diperhatikan adalah bagian filter udara. Bagian ini sebaiknya dibersihkan sesering mungkin selama masa abu vulkanik. Pembersihannya serupa dengan bodi, yakni cukup disemprot air bertekanan saja.

“Filter udara bisa menumpuk dan kotor karena abu vulkanik. Usahakan sering disemprot setiap kali kotor supaya tidak ada kerusakan yang lebih parah,” ujar Heri.

Baca juga: Jangan Tutup Ventilasi Jok Innova Zenix Hybrid, Baterai Bisa Overheat

Visibilitas kaca depan mobilKompas.com Visibilitas kaca depan mobil

Terakhir soal wiper mobil. Walaupun kecil, Heri menegaskan bahwa ini merupakan bagian yang harus banyak diperhatikan.

“Kalau abu vulkanik masih banyak, selalu sediakan kain lembab seperti kanebo. Fungsinya untuk mengelap bagian wiper. Ingat, usahakan bagian wiper selalu bersih dari abu,” ujarnya.

Selain mengotori, wiper yang dipenuhi abu bisa memunculkan baret-baret halus pada bagian kaca depan mobil.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com