Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Blind Spot, Anak Kecil Terlindas Mobil Saat Masuk Gang

Kompas.com - 07/03/2023, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil memang harus waspada dengan yang namanya blindspot. Blind spot atau titik buta merupakan area yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi saat menyetir.

Bahaya pengemudi jika tidak waspada dengan blind spot mobil adalah bisa menabrak objek tertentu. Misal seperti anak kecil yang sedang bermain di jalan raya, kadang rawan tertabrak atau tergilas kendaraan.

Contoh, bisa dilihat pada video yang diunggah akun Cetul_22 di Instagram. Terlihat anak kecil yang sedang bermain di jalan, tepatnya di mulut gang menuju kawasan perumahan.

Baca juga: Atur Posisi Kaca Spion Mobil untuk Hindari Blind Spot

Blind Spot Warning Nissan Kicks e-PowerKompas.com/Nanda Blind Spot Warning Nissan Kicks e-Power

Datang Toyota Fortuner berwarna putih yang masuk ke arah perumahan. Sayangnya, anak kecil tadi tidak terlihat oleh pengemudi dan sempat tergilas, namun dia langsung berdiri dan lari.

Melihat kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, memang sering terjadi mobil melindas anak kecil, apalagi di komplek perumahan.

"Kendaraan apapun ketika dihadapkan pada kondisi blind spot yang besar, pastikan dulu duduknya disetel, supaya jangkauan matanya luas," ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

Baca juga: Video Viral Bus PO ALS Salip Truk di Tikungan

Menurut Sony, blind spot bisa diminimalisir dengan posisi berkendara yang pas. Selain itu, dengan kontur jalan yang naik-turun seperti mau masuk ke gang komplek punya titik buta yang lebih besar lagi.

"Setelah setel posisi duduk, biasakan berhenti ketika masuk lingkungan perumahan," ucap Sony.

Kalau berhenti dahulu, bisa saja dilihat kondisi di sekitar mobil, apakah aman atau tidak. Tapi, jalanan yang sepi kadang membuat pengemudi merasa aman-aman saja.

"Justru kondisi yang sepi, pengemudi harus lebih hati-hati. Berjalan pelan, 5 Kpj, membuat pengemudi bisa mengantisipasi adanya anak-anak yang ada di jalan," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com