Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Dijadwalkan Buka IIMS 2023, Bakal Bersua dengan Esemka

Kompas.com - 15/02/2023, 13:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan datang dan meresmikan pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang akan digelar selama 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Daswar Marpaung, menyatakan, pihaknya masih terus bersurat dengan pihak Istana Negara. Sejauh ini, komunikasi masih positif hanya saja sulit untuk memastikan hal tersebut.

"Mudah-mudahan pameran kita akan dibuka oleh Bapak Presiden, kita sama-sama berdoa saja tidak ada halangan dari Beliau," kata dia dalam konferensi terbatas di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Baca juga: Bos Baru TAM Bicara Pengalamannya di Vietnam Soal BEV

Logo baru Esemka di IIMS 2023Tangkapan layar Instagram @iims_id Logo baru Esemka di IIMS 2023

"Ada beberapa peserta yang nantinya dia dikunjungi, namun kami masih menunggu konfirmasi dari protokol. Kami sendiri sudah siap segala sesuatu supaya acara nanti sempurna," lanjut Daswar.

Ia melanjutkan, memastikan kehadiran Jokowi memang cukup sulit. Pasalnya jadwal Presiden bisa berubah-ubah dalam hitungan jam.

Tahun lalu bahkan keputusan pameran IIMS 2022 dibuka langsung oleh Jokowi dan riding bersama dari Istana Negara, berubah H-2 jam. Walaupun ia masih sempat untuk melakukan seremoni secara virtual.

Meski begitu, saat ini perwakilan negara yang sudah memastikan datang ialah dari Menteri Agus Gumiwang Kartasasmita dan juga Menteri Kordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Bocoran Harga All New Agya, Mulai dari Rp 180 Juta

Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo KemayoranDok. IIMS Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran

Apabila Jokowi jadi membuka pameran IIMS 2023, akan tersaji suatu hal menarik. Jokowi dirinya bakal reuni dengan merek mobil Esemka yang sempat didukungnya saat masih berstatus Wali Kota Solo.

Terlepas dari hal tersebut, Manajer Proyek IIMS Rudi MF mengatakan pameran akan diramaikan 165 brand otomotif yang mencangkup 45 kendaraan bermotor, dan juga kendaraan listrik.

"Total kendaraan listrik ada 15 brand. 14 di antaranya ialah motor listrik dan satu dari mobil Tesla yang dibawa Prestige Image Motorcars," ucap dia.

"Sebagai pameran otomotif yang membuka tahun 2023, kami sangat optimistis menghadirkan 400.000 pengunjung dengan total transaksi yang kami perkirakan terjadi sebesar Rp 3,8 triliun selama 11 hari,” kata Rudi MF.

Baca juga: Deretan Merek Motor Listrik yang Mau Tampil di IIMS 2023

Ilustrasi IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi IIMS 2022

Adapun sekilas mengenai Esemka dikabarkan bakal meluncurkan mobil baru dalam bentuk elektrifikasi. Selain itu merek asal Solo, Jawa Tengah, tersebut juga hadir dengan logo baru.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen Esemka, Eddy Wirajaya mengatakan, semua informasi akan diungkap pada waktunya.

"Kita tunggu 16 Februari saat IIMS ya. Nanti, kami akan informasikan lebih detail," ujar Eddy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com