Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Tumpahan Minyak Berceceran di Jalan, Motor Bisa Tergelincir

Kompas.com - 10/02/2023, 17:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tumpahan minyak yang tercecer di jalan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan, seperti yang dialami beberapa pengendara sepeda motor yang terekam dalam kamera CCTV beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Instagram @dashcamindonesia (10/2/2023), satu unit mobil pikap pengangkut minyak goreng tumpah di sebuah tikungan.

Akibat kejadian tersebut, beberapa motor sempat terjatuh karena ceceran minyak goreng di tikungan yang berlokasi di Jalan Tampomas Ketib Sumedang pada Kamis (9/2/2023), sekitar pukul 10.00 pagi.

Baca juga: IIMS 2023, Esemka Mejeng di Hall A Bukan di Selasar

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Berhati hatilah dalam berkendara dan selalu patuhi peraturan lalu lintas agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tulis keterangan video tersebut.

Tumpahan minyak di jalan tentu sangat berbahaya bagi pengendara, karena bisa menyebabkan hilangnya traksi roda karena jalan yang licin.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, kondisi seperti itu memang sulit untuk ditebak. Namun, perlu diketahui adanya potensi bahaya berkendara di atas permukaan yang licin.

Baca juga: Tips Perawatan Transmisi Mobil Matik, Jangan Termakan Mitos

Menurut Agus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

Pertama, Agus mengimbau pengemudi untuk tetap tenang dan jangan panik saat melewati jalan licin sehingga agar dapat mengoperasikan kendaraan dengan baik.

“Jadi untuk mengantisipasi agar tidak terjadi seperti kejadian tersebut, maka pengendara dalam mengoperasikan motornya, yaitu pandangan matanya harus selalu melihat jauh ke depan,” ujar Agus, kepada Kompas.com (10/2/2023).

Baca juga: Marquez Tidak Mau Damai dengan Rossi

Ilustrasi berkendara saat hujan.motorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan.

Kemudian, pengendara harus tetap mempertahankan keseimbangan membawa motor saat melewati kondisi jalan yang licin.

Penting juga untuk tidak tiba-tiba menarik rem depan secara kuat, karena akan menyebabkan ban depan tergelincir. Jadi, usahakan gunakan kedua rem namun porsi rem belakang lebih kuat.

Lalu, Jangan lakukan gerakan reaktif dan kurangi laju motor dengan menutup putaran gas secara perlahan-lahan.

Baca juga: Ini Daftar 27 Putaran Balik yang Akan Ditutup Dishub DKI Jakarta

Minyak goreng tumpah di Jalan Fatmawati Raya, tepat di depan Pasar Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2022) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat ini tumpahan minyak goreng itu telah ditangani.KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Minyak goreng tumpah di Jalan Fatmawati Raya, tepat di depan Pasar Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2022) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat ini tumpahan minyak goreng itu telah ditangani.

“Kemudian pahami ada potensi bahaya tidak langsung saat kita berkendara. Bahaya tidak langsung tersebut bisa seperti jalan rusak atau kendaraan lain dan pengguna jalan lainnya,” ucap Agus.

“Nah, saat pandangan mata kita melihat jauh ke depan, maka kita bisa siap dalam mengantisipasi setiap potensi bahaya yang ada di depan jalan kita,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com