Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Fortuner Norak Pakai Lampu Rem Bikin Silau

Kompas.com - 06/02/2023, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi Toyota Fortuner kembali jadi sorotan di media sosial. Mobil sport utility vehicle itu viral karena memasang lampu rem model sorot LED warna putih di bagian belakang mobil.

Lampu rem tersebut membuat pandangan pegemudi belakangnya jadi silau. Seperti dalam video yang diunggah akun Instagram, Dashcam Indonesia, terlihat cahaya putih terpancar sangat kuat dari depan.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Membedakan Derek Legal dan Ilegal

"Tolong kalau pasang Aksesoris di kendaraan itu sesuai fungsi dan tidak membahayakan pengendara lain," tulis keterangan video dikutip Kompas.com, Senin (6/2/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Pemasangan lampu sorot warna putih yang menyilaukan sebetulnya bukan sekali terjadi. Sudah beberapa kali terlihat pengemudi memasang lampu putih di belakang sebagai lampu bantuan saat pengereman.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, modifikasi tambahan perlu memperhatikan kebutuhan, apakah mengganggu keamanan atau mengganggu pengguna jalan yang lain.

"Modifikasi lampu tersebut, yakin tidak terjadi miskomunikasi terhadap pihak lain? Jangan-jangan orang lain bingung atau terganggu, malah justru menciptakan kecelakaan," ucap Sony pada Kompas.com belum lama ini.

Sony mengatakan, modifikasi lampu mobil harus memperhatikan aspek keamanan. Pastikan bahwa modifikasi tidak menimbulkan miskomunikasi yang dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Baca juga: Tim MotoGP Gresini Racing Anggap Indonesia Rumah Kedua

Lampu rem mobil model putar ini memiliki tekhnik pemasangan mirip seperti lampu pada umumnya yakni dengan cara diputarKOMPAS.com/Fauzan Lampu rem mobil model putar ini memiliki tekhnik pemasangan mirip seperti lampu pada umumnya yakni dengan cara diputar

"Evaluasi lagi cara berkendara untuk meminimalisir bahaya dengan menggunakan standar kendaraan yang ada," imbuh Sony.

Training Direction The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, pengemudi yang memodifikasi lampu rem seperti itu egois. Pengemudi harusnya paham bahwa warna lampu memiliki arti dan fungsinya masing-masing.

“Sebenarnya seorang pengemudi harus mengerti lampu itu punya arti dan fungsi. Bila tidak ada arti dan fungsinya, ya tidak diperbolehkan untuk digunakan,” ucap Marcell beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com