Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Indonesia Redup, Honda Supra Motor Paling Laris di Thailand

Kompas.com - 05/02/2023, 08:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang meninggalkan sepeda motor bebek dan beralih ke skuter otomatik alias skutik. Motor bebek masih jadi motor paling laris di Thailand.

Vice President of Thailand Honda Co. Ltd, Alaksh Phornprapha mengatakan, penjualan AP Honda Thailand pada tahun 2022 sebanyak 1,3 juta unit motor. Dari jumlah itu mayoritas ialah motor bebek.

Baca juga: Promo Awal Tahun, Calya-Sigra Diskon sampai Rp 11 Juta

Mesin baru 110 cc Honda Wave110iTHAIHONDA.co.th Mesin baru 110 cc Honda Wave110i

"Paling tinggi Honda Wave. Karena harganya murah dan mudah digunakan untuk sehari-hari. Honda bebek punya jok yang panjang, bisa buat boncengan tiga orang," kata Phornprapha saat berbincang di Phuket, Thailand, Jumat (3/2/2023).

Meski demikian, Phornprapha tidak merinci berapa penjualan Wave tahun lalu. Dia mengandaikan, Wave sangat populer di Thailand sebab ibaratnya motor buat keperluan rumah tangga.

Motor yang di Indonesia bernama Honda Supra tersebut bisa dipakai semua anggota keluarga dari ayah sampai anak asal sudah cukup umur membawa kendaraan.

"Motor keluarga," kata Phornprapha.

Baca juga: Alasan Pengendara Motor Lebih Pilih Parkir Liar daripada Resmi

Honda Wave Alpha 2023greatbiker Honda Wave Alpha 2023

Penjualan motor bebek di Thailand sangat berbeda dengan di Indonesia. Dilansir dari laman resmi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan motor domestik meraih 5.221.470 unit pada Januari-Desember 2022.

Skutik masih mendominasi penjualan dengan komposisi 87,94 persen. Sedangkan motor bebek atau underbone berkontribusi sebesar 6,21 persen. Kemudian, motor sport sekitar 5,85 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com