Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mula Delima Jaya Garap Modifikasi Berbagai Mobil VIP

Kompas.com - 01/02/2023, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.comKaroseri Delima Jaya asal Bogor, Jawa Barat, relatif cukup terkenal di dunia otomotif Indonesia karena kemampuan merekayasa berbagai jenis mobil, melakukan perbaikan, modifikasi, hingga pembuatan bodi bus.

Bahkan belum lama ini perusahaan yang berdiri sejak 1975 itu mendapat kepercayaan untuk memodifikasi Mercedes-Benz GLS450 yang akan dipakai oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Baca juga: Ini Bahayanya Bila Pengendara Motor Lindas Garis Chevron

Managing Director Karoseri Delimajaya Group Winston Wiyanta mengatakan, pihaknya terus berkembang dan membuat divisi khusus VIP Luxury Interior yang menangani modifikasi mobil-mobil mewah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karoseri Delimajaya (@delimajaya)

Winston mengatakan, divisi VIP Luxury Interior berdiri semenjak pandemi Covid-19. Pada awal 2020 mulai masuk klien mobil-mobil mewah yang ingin memasang partisi antara sopir dan penumpang mencegah penyebaran virus.

"Divisi baru ini mulai saat awal Covid-19, kita mulainya pembuatan partisi Covid-19 banyak permintaan buat bikin partisi agar penumpang terlindungi dari sopir, seperti itu ya," kata Winston kepada Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

"Saat itu banyak (pemilik) Alphard, Vellfire, Lexus, dan Land Crusier (yang datang ingin membuat partisi) dari situ kita mengembangkan tim untuk kerjakan yang VIP," kata dia.

Karoseri Delima Jaya asal Bogor, mendapat kepercayaan untuk memodifikasi Mercedes-Benz GLS450 yang akan dipakai oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres). Foto: Winston Wiyanta/Delima Jaya Karoseri Delima Jaya asal Bogor, mendapat kepercayaan untuk memodifikasi Mercedes-Benz GLS450 yang akan dipakai oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

"Sebelumnya memang sudah ada (yang mengerjakan mobil-mobil mewah), tapi juga sambil mengerjakan yang lain. Sekarang kita buat khusus sebab sejak saat itu permintaannya sudah mulai banyak," ujar Winston.

Winston mengatakan, sejak 2020 VIP Luxury Interior menjadi divisi yang cepat berkembang. Rupanya banyak pemilik mobil mewah yang ingin memodifikasi mobilnya agar lebih nyaman, baik dari interior maupun eksterior.

"Makin berkembang, karena kita gabung dengan karoseri sejenis bus tapi yang VIP," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karoseri Delimajaya (@delimajaya)

Winston mengatakan, pada dasarnya pihaknya bisa mengerjakan apa saja untuk bagian interior. Mulai dari karpet lantai, jok, penambahan meja, kemudian partisi, dan sistem audio.

"Kemudian entertainment system, baik itu penambahan TV sliding atau lipat, karaoke. Korden buat kaca sesuai permintaan. Kemudian plafon dan dasbor original juga bisa kita modifikasi kita tambahkan aksen kayu. Bangku sopir dan penumpang dibungkus ulang dengan bahan dan jahitan lebih bagus," kata dia.

"Sedangkan kalau eksterior kita lihat ke tipe kendaraannya kalau tipe yang mewah," ujar Winston yang mengatakan cukup banyak mendapat order dari pemerintahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com