Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Prius GRMN Dikabarkan Sedang dalam Pengembangan

Kompas.com - 30/01/2023, 12:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikabarkan sedang berencana untuk meluncurkan Prius versi baru di bawah merek GRMN. Untuk diketahui, mobil yang biasa dihasilkan oleh divisi ini fokus pada peningkatan performa.

Untuk diketahui, model GRMN posisinya ada di atas model GR, seperti GR86 dan GR Supra, dari segi performa. GRMN sendiri merupakan singkatan dari Gazoo Racing Master of Nurburgring.

Dikutip dari Carbuzz.com, Senin (30/1/2023), Prius GRMN akan mendapatkan unibody yang diperkuat. Selain itu, bagian sasis juga dibuat lebih kaku.

Baca juga: Toyota Indonesia Bicara Kemungkinan Jual Prius Hybrid Terbaru

Generasi kelima Prius ternyata juga menggunakan platform yang sama seperti GR Corolla. Sedan ini menggunakan sasis GA-C.

Toyota Prius 2023dok.Toyota.com Toyota Prius 2023

Selain sasis, bagian suspensi juga ternyata dibuat lebih kaku. Sehingga, meningkatkan stabilitas saat kecepatan tinggi.

Kemudian, rem juga dibuat lebih besar ukurannya. Tentunya, interior juga ditingkatkan sesuai dengan standar Gazoo Racing.

Baca juga: Prius HEV Resmi Dijual, Harga Mulai Rp 325 Jutaan

Namun, yang belum diketahui apakah Prius yang digunakan adalah versi hybrid atau plug-in hybrid. Menurut prediksi, yang akan digunakan adalah Prius Prime.

Toyota Prius 1.8-liter Hybrid Systemglobal.toyota Toyota Prius 1.8-liter Hybrid System

Jika benar, maka Prius GRMN akan dibekali dengan mesin 2.0 L, 4-silinder, Atkinson-cycle, yang dapat menghasilkan tenaga hingga 220 tk. Toyota mengklaim kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kilometer per jam hanya butuh 6,6 detik.

Tidak menutup kemungkinan juga Gazoo Racing akan menyematkan turbocharger pada dapur pacu Prius tersebut. Sebab, secara teknis hal tersebut mungkin saja dilakukan. Namun, belum diketahui kapan Prius GRMN akan diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com