Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Ke-5 Toyota Prius Meluncur, Jadi Lebih Ganteng

Kompas.com - 16/11/2022, 16:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota akhirnya resmi memperkenalkan tampilan dari Prius Generasi ke-5, Rabu (16/11/2022). Secara keseluruhan, Prius berubah total namun dengan desain yang masih ala Prius dikombinasi dengan bZ Series.

Dikutip dari Carscoops, Toyota membuat Prius terbaru lebih dinamis, lega, dan lebih ganteng dari model sebelumnya. Secara desain luar, Toyota memang ambil bahasas desain Prius generasi sebelumnya, tapi wheelbase dibuat lebih panjang.

Kalau diperhatikan, desain Prius ini mirip-mirip dengan bZ Series, seperti lampu depan LED yang dramatis serta di belakang memakai LED bar yang memanjang. Selain itu, ukuran pelek dari Prius ini juga besar, jadi 19 inci.

Baca juga: Toyota bZ4X Bisa Disewa, Harganya Rp 20 Juta per Bulan

Toyota Prius Generasi ke-5CARSCOOPS.COM Toyota Prius Generasi ke-5

Berbeda dengan bZ Series yang memakai platform e-TNGA, Prius terbaru memakai generasi kedua dari TNGA. Sasis ini diklaim lebih rigid sehingga meningkatkan stabilitas saat berbelok dan ketika diajak akselerasi.

Tersedia tiga pilihan powertrain, pertama ada 2.000 cc empat silinder dengan motor listrik dan baterai (Plug-in Hybrid). Kombinasi tersebut menghasilkan tenaga 220 TK dan diklaim punya jarak mengemudi full electric (EV Mode) 50 persen lebih jauh dari model sebelumnya.

Kemudian, tersedia juga varian hybrid parallel dengan mesin 1.800 cc atau 2.000 cc. Model ini tersedia dalam mode E-Four atau all wheel drive dari Toyota yang menawarkan performa yang lebih baik dan stabil saat belok.

Baca juga: Menu SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta November 2022


Prius terbaru juga sudah dilengkapi dengan versi terakhir dari Toyota Safety Sense. Bahkan ada juga fitur Advanced Park with remote function yang bisa memajukan atau memundurkan Prius dari parkiran lewat remot.

Selain itu, ada juga solar panel yang bisa menambah range kilometer Prius sampai 1.250 Km per tahun. Kemudian, listrik dari solar panel tadi bisa untuk mengecas baterai, AC, dan fungsi lainnya.

Pada bagian kabin juga punya desain yang berubah dari model sebelumnya. Misal di dasbor ada layar infotainment 12,3 inci, dan instrument cluster serta setir yang bentuknya mirip bZ4x.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com