Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Tambah Jaringan SPKLU di Sumatera Selatan

Kompas.com - 24/01/2023, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) kembali menambah jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kali ini fasilitas pengisian daya untuk mobil listrik tersebut berada di Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu Amris Adnan mengatakan, peresmian SPKLU ini menjadi bentuk komitmen PLN dalam mengkampanyekan electrifying lifestyle melalui kendaraan listrik.

Menurut Amris, tujuannya guna mendorong penggunaan energi rendah karbon dan ramah lingkungan dengan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), serta dalam upaya menggantikan energi fosil yang selama ini digunakan.

"Pembuatan SPKLU ini merupakan salah satu dukungan dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik, seiring banyaknya masyarakat yang mulai menggunakan kendaraan listrik," ujar Amris, dikutip dari situs resmi PLN, Senin (23/1/2023).

Baca juga: Pertamina Kembangkan Ekosistem dan Produksi Baterai Kendaraan Listrik

Dari segi spesifikasi, SPKLU pertama di Lubuklinggau yang terletak di PLN Unit Pelayanan Pelanggan ini memiliki tiga konektor yang dapat melakukan pengisian fast charging dan medium charging.

Stasiun pengisian kendaraan listrik PLN Lampung yang berada di rest area KM 163A jalan tol Lampung.KOMPAS.COM/DOK. PLN UID Lampung Stasiun pengisian kendaraan listrik PLN Lampung yang berada di rest area KM 163A jalan tol Lampung.

Pemilik mobil listrik yang ingin menggunakannya, harus mengunduh PLN Mobile lebih dulu sebagai proses utama dan juga pembayaran nantinya.

Amris menjelaskan, selain ramah lingkungan, banyak keuntungan yang didapat dengan beralih ke kendaraan listrik. Salah satunya penghematan biaya operasional dengan hanya memakan 20 persen dibandingkan kendaraan konvensional.

"Keuntungan lain yang didapatkan dari adalah meminimalisir polusi suara dan polusi udara. Kami berharap dukungan Walikota Lubuklinggau juga dapat mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik," kata Amris.

Kehadiran SPKLU di Lubuklinggau sekaligus mendukung ekosistem kendaraan listrik yang berada di Sumatera Selatan.

Baca juga: Ini Daerah Rawan di Pansela yang Belum Direkomendasikan untuk Dilalui

Ilustrasi mobil listrik sedang mengisi daya di SPKLU Shell Recharge di Mal Pacific PlaceKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi mobil listrik sedang mengisi daya di SPKLU Shell Recharge di Mal Pacific Place

 

Jumlah SPKLU di wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) sebanyak tujuh unit yang tersebar di Kota Palembang dua unit, Rest Area Tol Lampung – Palembang dua unit, Jambi, Bengkulu, dan Lubuklinggau masing – masing satu unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.