Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PLN Tambah Jaringan SPKLU di Sumatera Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) kembali menambah jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kali ini fasilitas pengisian daya untuk mobil listrik tersebut berada di Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu Amris Adnan mengatakan, peresmian SPKLU ini menjadi bentuk komitmen PLN dalam mengkampanyekan electrifying lifestyle melalui kendaraan listrik.

Menurut Amris, tujuannya guna mendorong penggunaan energi rendah karbon dan ramah lingkungan dengan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), serta dalam upaya menggantikan energi fosil yang selama ini digunakan.

"Pembuatan SPKLU ini merupakan salah satu dukungan dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik, seiring banyaknya masyarakat yang mulai menggunakan kendaraan listrik," ujar Amris, dikutip dari situs resmi PLN, Senin (23/1/2023).

Dari segi spesifikasi, SPKLU pertama di Lubuklinggau yang terletak di PLN Unit Pelayanan Pelanggan ini memiliki tiga konektor yang dapat melakukan pengisian fast charging dan medium charging.

Pemilik mobil listrik yang ingin menggunakannya, harus mengunduh PLN Mobile lebih dulu sebagai proses utama dan juga pembayaran nantinya.

Amris menjelaskan, selain ramah lingkungan, banyak keuntungan yang didapat dengan beralih ke kendaraan listrik. Salah satunya penghematan biaya operasional dengan hanya memakan 20 persen dibandingkan kendaraan konvensional.

"Keuntungan lain yang didapatkan dari adalah meminimalisir polusi suara dan polusi udara. Kami berharap dukungan Walikota Lubuklinggau juga dapat mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik," kata Amris.

Kehadiran SPKLU di Lubuklinggau sekaligus mendukung ekosistem kendaraan listrik yang berada di Sumatera Selatan.

Jumlah SPKLU di wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) sebanyak tujuh unit yang tersebar di Kota Palembang dua unit, Rest Area Tol Lampung – Palembang dua unit, Jambi, Bengkulu, dan Lubuklinggau masing – masing satu unit.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/24/112200315/pln-tambah-jaringan-spklu-di-sumatera-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke