Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkaian Tugas Kernet Bus AKAP, Bolehkah Tidur Saat Perjalanan?

Kompas.com - 15/01/2023, 12:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kernet atau kondektur merupakan sosok yang penting dalam semua layanan perusahaan otobus (PO).

Biasanya, dalam satu armada bus antar kota antar provinsi (AKAP) terdiri dari dua sopir dan satu kernet.

Pada saat perjalanan yang panjang dengan durasi yang lama, sebagai awak bus tentunya dituntut untuk selalu waspada dan awas terhadap lalu lintas. Hal tersebut terkait dengan keselamatan berkendara.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Mau Gelar Balap OMR, Bisa Porsche atau BMW

Jika sopir bus dituntut untuk tidak mengantuk dan tidur saat perjalanan karena bertugas untuk berkendara, lalu apakah kernet boleh tidur saat di perjalanan?

Arief, agen dari PO Murni Jaya di Depok mengatakan jika pada kondisi tertentu kernet bus boleh saja tidur di perjalanan.

“Boleh saja istirahat tidur sejenak, dan di saat menurunkan penumpang baru bangun,” kata Arief kepada Kompas.com, Minggu (15/1/2023).

Tidur yang dimaksud ialah tidur sejenak bukan tidur nyenyak dengan durasi lama. Jika kernet terlalu lama tidur justru menyalahi tugas utama seorang kernet di dalam layanan bus AKAP.

Arief memaparkan jika tugas seorang kernet di dalam bus ialah meringankan kerja dari kapten atau sopir bus. Mulai dari merawat, membersihkan serta melayani penumpang bus.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Melonjak, Wuling Air EV dan Ertiga Hybrid Terlaris

Suasana Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terpantau belum adanya lonjakan penumpang bus AKAP menjelang libur Natal dan tahun baru 2022, Selasa (6/12/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Suasana Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terpantau belum adanya lonjakan penumpang bus AKAP menjelang libur Natal dan tahun baru 2022, Selasa (6/12/2022).

“Menaikkan dan menurunkan penumpang beserta barangnya, menanyakan penumpang turun sesuai tujuan dan membantu keperluan penumpang yang dibutuhkan,” kata pria yang sesekali juga menjadi kernet untuk PO Murni Jaya.

Jika kernet tidur terlalu lelap justru jadi tidak bekerja dengan baik, terutama di saat-saat dibutuhkan. Maka dari itu, sebaiknya tidur dengan mencuri-curi waktu yang tepat saja, misalnya pada saat melintasi jalan tol. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.