Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Gejala Filter Bensin Mobil yang Mulai Bermasalah

Kompas.com - 14/01/2023, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Filter bahan bakar pada mobil menjadi komponen yang krusial dan cukup sensitif. Pasalnya, bila ada kotoran atau meterial asing yang menyumbat bisa berdampak pada performa mesin.

Tak hanya itu, penyumbatan pada filter bensin juga bisa berdampak parah lantaran dapat membuat kerusakan komponen mesin yang bekerja di dalam sistem injeksi dan ruang bakar.

Lantaran itu, baiknya pemilik mobil mewaspadai kondisinya. Salah satu cara bisa dengan melakukan pemeriksaan secara berkala agar dapat segera ditangani bila memang filter sudah kotor atau waktunya diganti.

Sebelumnya, Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, pernah menyampaikan bila ada beberapa faktor yang membuat filter bensin bermasalah atau mengalamii penyumbatan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Pas Ganti Filter Kabin Mobil?

"Bisa dari bahan bakar dan faktor lain yang kerap terjadi karena memang adanya serpihan karat pada tangki, terutama untuk mobil yang sudah berumur, lalu juga kotoran dan lain sebagainya," ucapnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil. DOK. TAM. Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil.

Nah, untuk mengenali adanya masalah pada filter bahan bakar, Auto2000 memberikan informasi seputra tanda yang ditimbulkan, yakni :

Tersendat

Sebagian pengendara mungkin pernah mengalami laju mobil yang tersendat-sendat seperti mesin yang mau mati. Biasanya, penyebab utama karena filter bensin kotor atau tersumbat, dengan demikian membuat sistem pembakaran tak lancar dan mesin bermasalah.

Tidak normal saat idle

Tanda lainnya bisa dirasakan dari putaran mesin yang tidak normal saat kondisi stasioner atau idle. Biasanya naik dan turun meskipun pedal gas tidak diinjak, dan ketika putaran mesin dinaikkan tetap tersendat seperti tidak ada tenaga.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.