Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2023, 12:22 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Tahun baru 2023, Nissan resmi memperkenalkan Nissan GT-R 2024 di Jepang. Secara tampilan model baru ini identik dengan sebelumnya, namun Nissan mengubah beberapa detail biar lebih tampan.

Nissan GT-R 2024 dibekali dengan fascia depan dan belakang baru, kemudian gril yang direvisi, dan sayap yang dioptimalkan. Nissan mengatakan, meski terkesan minor tapi mampu meningkatkan aerodinamika.

Baca juga: Karoseri Memproduksi Bus AKAP Harus Sesuai Ukuran Standar

Mengutip Carscoops, beberapa ubahan tersebut disebut Nissan mampu meningkatkan downforce saat mobil melaju kencang. Namun koefisien drag mobil tetap tidak berubah yaitu di 0,26.

Nissan GT-R T-spec memakai pelek dari Rays 20 inci dengan lapisan cat emas. Mobil juga didukung oleh rem keramik karbon yang bersumber dari GT-R Nismo.Foto: Carscoops.com Nissan GT-R T-spec memakai pelek dari Rays 20 inci dengan lapisan cat emas. Mobil juga didukung oleh rem keramik karbon yang bersumber dari GT-R Nismo.

Desain gril di depan juga diutak-atik. Insinur Nissan mengatakan menggunakan desain yang lebih tipis untuk meningkatkan pendinginan dan mengurangi hambatan. Adapun desain sayap belakang 10 persen lebih besar dari selumnya.

Detail lainnya yaitu mobil sport andalan Nissan tersebut kini dilengkapi dengan bibir depan baru, diffuser belakang, dan canard. Model ini juga menawarkan warna eksklusif Nismo yang dikenal sebagai Stealth Grey.

Selain GT-R, pabrikan asal Jepang itu juga menawarkan versi lebih tinggi yaitu GT-R T-spec dan GT-R Nismo. Model ini dibangun di atas GT-R Premium dan dalam warna Millennium Jade dan Midnight Purple.

Baca juga: IIMS 2023 Diikuti Banyak Merek Otomotif, Terlengkap Selama Pandemi

Nissan GT-R Nismo menggunakan versi upgrade dari mesin VR38DETTFoto: Carscoops Nissan GT-R Nismo menggunakan versi upgrade dari mesin VR38DETT

Perbedaannya yaitu GT-R T-spec memakai pelek dari Rays 20 inci dengan lapisan cat emas. Mobil juga didukung oleh rem keramik karbon yang bersumber dari GT-R Nismo.

Nissan GT-R 2024 dan GT-R T-spec mengusung mesin V6 3.8 liter twin-turbo bertenaga 565 tk dan torsi 632 Nm. Tenaga dikirim ke sistem penggerak semua roda pakai transmisi kopling ganda enam percepatan.

Adapun GT-R Nismo menggunakan versi upgrade dari mesin VR38DETT dan menghasilkan tenaga 600 tk dan torsi 651 Nm. Mobil juga dibekali diferensial slip baru di roda depan serta "penyetelan suspensi" yang disempurnakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.