Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2023, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembelian kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia bisa menikmati DP 0 persen. Bahkan tahun ini, kebijakan tersebut kembali diperpanjang setelah berlaku sejak 2020.

Tujuan dari DP 0 persen ini tentunya untuk mempercepat perpindahan atau transisi dari kendaraan bermotor konvensional ke listrik. Selain itu juga mempercepat net zero emission di Indonesia.

Tetapi, adanya kemudahan DP 0 persen sepertinya tidak digunakan oleh para peminat motor listrik. Hal ini seperti yang dikatakan Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance.

Baca juga: Percepat Elektrifikasi, Negara Ini Beri Motor Listrik Gratis ke Rakyat

Motor listrik United E-Motor TechE-Motor Tech Motor listrik United E-Motor Tech

"Pada praktiknya secara umum konsumen mencari angsuran yang sesuai dengan kemampuan mereka. Akhirnya banyak yang tidak mau juga," ucap Niko kepada Kompas.com, Jumat (6/1/2023).

Ketika diberikan DP 0 persen, Niko menjelaskan kalau pokok pinjaman akan semakin besar. Oleh karena itu, uang yang harus dibayarkan ketika mengangsur jadi makin tinggi.

"Hampir tidak ada (memanfaatkan DP 0 persen), kebanyakan ambil DP 10 sampai 20 persen," ucap Niko.

Baca juga: OJK Izinkan DP 0 Persen, Ini Pilihan Mobil Listrik yang Bisa Dibeli


Selain itu, bagi konsumen yang mau menikmati DP 0 persen untuk pembelian motor listrik, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Adira bisa dibilang selektif dalam memilih pelanggan yang mau mengajukan kredit.

"Kami menerapkannya secara selektif bagi konsumen yang memang kami anggap baik secara persyaratan pembiayaan," ucap Niko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.