Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periode Nataru, 5,6 Juta Kendaraan Keluar-Masuk Jabotabek via 4 Gerbang Tol

Kompas.com - 06/01/2023, 16:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 5,6 juta kendaraan melintasi empat gerbang tol utama selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (18/12/2022-4/1/2023).

Jumlah teresebut diklaim PT Jasa Marga Persero Tbk, merupakan kumulatif dari gerbang tol keluar dan masuk wilayah Jabotabek, yakni Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip Utama.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, untuk kendaraan yang meninggalkan Jabotabek tercatat total 2,83 juta, atau naik 12,84 persen dari lalu lintas normal periode Juni 2022, dan naik 6,37 persen dari lalu lintas periode Nataru sebelumnya.

"Untuk yang kembali ke Jabotabek relatif imbang, sebesar 2,84 juta kendaraan yang naik 12,73 persen dari lalu lintas normal periode Juni 2022 dan naik 6,17 persen dari lalu lintas yang sama pada periode Nataru tahun lalu atau naik sebesar 6,36 persen terhadap lalu lintas periode Nataru sebelum pandemi Covid-19," kata Lisye dalam keterangan resminya, Jumat (6/1/2023).

Baca juga: Pahami Cara Kerja Engine Auto Start-Stop Ertiga Hybrid

Dengan jumlah tersebut, Lisye menyimpulkan seluruh kendaraan yang melintas di gerbang tol pada periode mudik beberapa waktu lalu, telah kembali ke wilayah Jabotabek.

Jalan Tol Jakarta-CikampekJASA MARGA Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Sementara untuk tujuan favorit selama libur Nataru, tercatata arah Timur via Trans Jawa dan Bandung mendominasi 47 persen dari lalu lintas keseluruhan. Sedangkan arah Barat menuju Merak sebesar 31 persen, dan Selatan menuju Puncak 22 persen.

Hal ini sedikit berbeda dengan distribusi lalu lintas saat Lebaran 2022 lalu, libur Natal dan Tahun Baru tidak hanya bertujuan mudik, namun wisata. Hal tersebut terlihat dari distribusi kendaraan ke arah Timur menuju Bandung lebih tinggi 11 persen.

Pada periode Nataru, Jasa Marga mengoperasikan lajur fungsional untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang-Kutanegara) sepanjang 8,5 Km pada 1 Januari yang dibuka selama satu jam dan mendistribusikan 713 kendaraan golongan 1.

Tak hanya itu, Jasa Marga juga menambah satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta. Dari sebelumnya tiga jalu menjadi empat sejak Km 50 hingga Km 67 sepanjang 16,3 Km.

Baca juga: Jenis Pelanggaran dan Sanksi Mencopot Pelat Nomor Kendaraan

Lisye mengatakan, Jasa Marga juga telah melakukan upaya peningkatan layanan berbasis IT melalui traffic counting yang terintegrasi aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmap (JID).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 137.118 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 Hari Raya Natal 2022 atau pada Minggu (18/12/2022).Dok. Jasa Marga PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 137.118 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 Hari Raya Natal 2022 atau pada Minggu (18/12/2022).

 

Hal ini mempermudah stakeholder mengambil keputusan rekayasa lalu lintas berdasarkan data real time, juga mendistribusikan informasi terkini kepada pengguna jalan tol melalui aplikasi.

"Pada periode Nataru 2022/2023 ini Jasa Marga melalui Tim Satgas di sejumlah posko di antaranya Posko Cikampek Utama, Posko Kalihurip Utama, Posko Kalikangkung, Posko Banyumanik hingga Posko Warugunung. Koorginasi dengan stakeholder juga dilakukan dalam hal pengaturan lalu lintas," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com