Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Cara Kerja Engine Auto Start-Stop Ertiga Hybrid

Kompas.com - 06/01/2023, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki mengklaim hadirnya fitur engine auto start-stop pada Ertiga Hybrid dapat menambah gaya berkendara yang irit bahan bakar, alias eco driving.

Fitur tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi penggunaan bahan bakar pada Ertiga saat tidak diperlukan selama perjalanan, seperti ketika sedang berhenti sejenak atau saat menunggu lampu merah.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengatakan, fitur tersebut dihadirkan guna membuat penggunaan bahan bakar Ertiga Hybrid bisa lebih optimal dan efektif. Karena saat mesin mobil mati, otomatis tidak ada proses pembakaran yang berjalan.

Baca juga: Harga City Car Awal Tahun, Termurah Rp 155 Juta

"Ketika mesin otomatis mati, disinilah baterai accu dan baterai Lithium-ion mengalirkan energi agar fungsi kelistrikan dan fitur kenyamanan lainnya di All New Ertiga Hybrid tetap bekerja secara normal," ucap Donny dalam keterangan resminya, Kamis (5/1/2023).

Suzuki Ertiga Smart HybridSIS Suzuki Ertiga Smart Hybrid

Adanya engine auto start-stop membuat mesin yang biasanya dalam posisi idle ketika berhenti, akan mati dan otomatis menyala jika diperlukan. Efeknya tak hanya bisa menekan pengeluaran bahan bakar, tapi juga berkontribusi mengurangi emisi gas karbon.

Namun demikian, fitur tersebut tak selalu dapat bekerja karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar fungsinya berjalan optimal.

Pertama, harus memastikan pintu pengemudi dalam keadaan tertutup. Kedua, sabuk pengaman pada pengendara wajib terpasang.

Baca juga: Banderol Mobil Hybrid Awal 2023, Harga Altis, Camry, dan C-HR Naik

Berikutnya, daya baterai Lithium-ion dan accu memadai atau indikator baterai pada MID (Multi Information Display) berada lebih dari dua bar setelah mesin dinyalakan.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid untuk jalur luar kotaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid untuk jalur luar kota

Terakhir, fitur tersebut akan bekerja apabila mobil telah melaju dengan kecepatan minimal 10 km/jam (Kpj). Bila salah satu syarat tidak terpenuhi, maka engine auto start-stop tak dapat bekerjadan ditandai munculnya informasi Idling Stop Unavailable pada MID.

Untuk cara kerjanya sendiri, engine auto start-stop berfungsi jika mobil yang sedang melaju kemudian harus berhenti.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.