Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Motor Baru untuk Praktik Uji SIM CI, Bagaimana dengan CII?

Kompas.com - 05/01/2023, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan motor khusus untuk praktik uji SIM CI. Hal ini berkaitan dengan pengategorian SIM C berdasarkan kapasitas mesin motor yang akan dikendarai.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) No. 5 Tahun 2021, SIM C dibagi menjadi tiga. Pertama ada SIM C untuk mengendarai motor sampai 250 cc, lalu SIM CI untuk motor di atas 250 cc sampai 500 cc, dan SIM CII untuk motor di atas 500 cc.

Motor untuk praktik uji SIM CI yang akan digunakan adalah Hunter Scrambler 500 dengan kapasitas mesin 471 cc. Hal ini sesuai dengan ketentuan pemilik SIM CI yang digunakan untuk mengendarai motor di atas 250 cc sampai 500 cc.

Baca juga: Spesifikasi Hunter Scrambler 500, Moge untuk Uji Praktik SIM CI

Hunter Scrambler 500 jadi motor untuk praktek uji SIM CIINSTAGRAM/DIMASPOPO Hunter Scrambler 500 jadi motor untuk praktek uji SIM CI

"Motor untuk uji nanti kita siapkan, dikirim ke Satpas-Satpas, pelan-pelan dan bertahap. Untuk orang yang mau ujian praktik nanti gunakan kendaraan yang sudah disiapkan," ucap Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus kepada Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Jika motor untuk uji SIM CI sudah disiapkan, bagaimana dengan SIM CII yang punya kapasitas mesin lebih besar?

Yusri menjelaskan, untuk saat ini baru akan disediakan motor untuk praktik uji SIM CI saja. Sedangkan untuk SIM CII, masih belum dalam waktu dekat.

Baca juga: Harga LCGC Bekas Awal 2023 mulai Rp 63 Jutaan


"Nanti belum (motor praktik uji SIM CII), kan persyaratan CII harus CI setahun dulu, CI-nya saja belum," ucap Yusri.

Bisa dibilang, kepemilikan SIM C ini juga berjenjang. Untuk membuat SIM CI, harus punya SIM C dahulu selama satu tahun setelah tanggal penerbitan. Begitu juga untuk SIM CII, harus memiliki SIM CI dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.