Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Disukai Pebalap MotoGP, Tikungan ke Kiri atau ke Kanan?

Kompas.com - 05/01/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa sirkuit di kalender MotoGP memiliki banyak tikungan ke kiri, tapi ada juga yang sebaliknya. Sebagian pebalap MotoGP pun menjelaskan pilihannya mengapa suka pada satu tikungan tertentu.

Enea Bastianini mengaku lebih suka tikungan ke kiri dibandingkan ke kanan, meskipun dia tidak bisa menjelaskan alasannya. Tapi, data yang motornya tunjukkan justru berbeda.

Baca juga: Mandalika Dicoret dari Jadwal Tes Pra-musim MotoGP 2023

"Saya merasa lebih nyaman tikungan ke kiri. Tapi, ketika saya memeriksa data, saya lebih cepat di tikungan ke kanan. Saya tidak tahu mengapa, tapi itulah faktanya," ujar Bastianini, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (5/1/2023).

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Marc Marquez kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang  digelar di Sirkuit MotorLand Aragon pada 16-18 September 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)AFP/JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Marc Marquez kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang digelar di Sirkuit MotorLand Aragon pada 16-18 September 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Marc Marquez juga diketahui sangat suka dengan trek yang banyak tikungan ke kirinya, seperti Sirkuit Sachsenring, Jerman. Bahkan, Marquez dijuluki King of Sachsenring, karena sering kali menang di sana.

"Tentu saja, saya lebih pilih tikungan ke kiri. Menurut saya, ini juga sangat tergantung pada motor dan karakteristiknya," kata Marquez.

Baca juga: Daftar Pebalap MotoGP 2023, Hanya Satu Pebalap Rookie

Marquez menambahkan, pada Honda, dia sering kali menggunakan rem belakang. Sehingga, membuatnya lebih mudah mengendalikan motor saat menikung ke kiri.

Fabio Quartararo saat menjalani Tes Misano 2022Twitter @FabioQ20 Fabio Quartararo saat menjalani Tes Misano 2022

"Tentunya, saya juga besar dengan motocross dan motor dirt track, di mana selalu ke kiri dan saya bisa mengendalikan motor lebih baik di sana," ujarnya.

Berbeda lagi dengan Fabio Quartararo yang lebih menyukai tikungan ke kanan. Meskipun, menurutnya, sangat tergantung juga dengan gaya balap seseorang.

"Saya merasa lebih baik di tikungan ke kanan, saya tidak tahu mengapa. Menurut saya, itu alami dan berhubungan dengan gaya balap. Tapi, menurut saya tidak ada penjelasan sebenarnya untuk itu. Menurut saya, itu hanya pilihan pebalap saja," ujar Quartararo.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. Kini, Bagnaia siap lanjutkan hasil positif pada MotoGP Austria 2022. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)ADRIAN DENNIS Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. Kini, Bagnaia siap lanjutkan hasil positif pada MotoGP Austria 2022. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)

Francesco Bagnaia termasuk pebalap yang suka dengan tikungan ke kiri. Tapi, dia memiliki penjelasan yang teknis terkait hal tersebut.

"Sebab, Anda harus menggunakan gas di tangan kanan dan itu akan lebih sulit untuk mempertahankan posisi yang sama saat tikungan ke kanan," kata Bagnaia.

"Saya lebih memiliki pengereman yang keras di tikungan ke kanan dan tikungan ke kiri yang panjang. Tidak ada tikungan yang lebih mudah, itu hanya persoalan mana yang membuat Anda merasa lebih baik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com