Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korlantas Polri Siapkan Ujian SIM C I, Pakai Moge 471 cc

Kompas.com - 05/01/2023, 06:46 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengkategorian Surat Izin Mengemudi (SIM) C menjadi tiga sudah tertulis pada Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021. SIM C dibagi berdasarkan kapasitas isi silinder dari motor yang digunakan.

Seperti SIM C berlaku untuk pengendara motor dengan kubikasi sampai 250 cc, kemudian SIM C I untuk motor di atas 250 cc sampai 500 cc, dan C II untuk motor di atas 500 cc.

Mengenai pengkategorian SIM C, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri pun menyiapkan motor khusus untuk uji praktek SIM C I. Motor ini tertangkap kamera sedang digendong dengan livery serba putih dan stiker biru khas motor praktek uji SIM.

Baca juga: Cara Aman Motor Saat Lewat di Perlintasan Kereta

Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.

Menanggapi foto tersebut, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan kalau secara bertahap, akan hadir motor khusus untuk praktek uji SIM CI.

"Motor untuk uji nanti kita siapkan, dikirim ke Satpas-Satpas, pelan-pelan dan bertahap. Untuk orang yang mau ujian praktek nanti gunakan kendaraan yang sudah disiapkan," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Yusri menjelaskan, pada tahun ini motor tersebut akan segera digunakan. Mengingat untuk pengkategorian SIM C juga sudah berlaku, tentu butuh motor yang sesuai dengan spesifikasi di lokasi ujian praktek.

Baca juga: Harga Stargazer dan Xpander Kompak Naik Awal 2023


"Selama ini kan gunakan kendaraan sendiri, nanti akan kita siapkan kendaraan. Jadi saat ujian pakai motor yang sudah kita siapkan," ucap Yusri.

Mengenai motor yang digunakan bergaya Neo Classic buatan Hunter dengan model Scrambler 500. Secara spesifikasi, motor tersebut memiliki kapasitas mesin 471 cc, cocok dengan kebutuhan praktek SIM CI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com