Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Yamaha Byson Sering Jadi Bahan Motor Custom

Kompas.com - 01/01/2023, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah tipe motor bisa jadi bahan modifikasi asalkan sesuai dengan aliran yang diusung. Salah satu tipe yang sering digunakan sebagai basis motor custom adalah Yamaha Byson.

Sugimo, pemilik bengkel modifikasi Gims Garage di Alam Sutera, Tangerang, mengatakan, Byson banyak dipilih modifikator karena beberapa alasan.

“Itu karena spare part-nya sudah mendukung, sokbreker depan sudah besar, jadi kita enggak perlu ganti sokbreker. Kemudian swing arm sudah besar, jadi enggak perlu cari swing arm lagi,” ujar Sugimo, kepada Kompas.com (1/1/2023).

Baca juga: Jalan Tol Batang-Semarang Tergenang Banjir, Jasa Marga Lakukan Penanganan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gims_Garage (@gims_garage)

Ia menambahkan beberapa tipe sebetulnya juga diminati sebagai bahan modifikasi. Namun ketersediaan stok di pasaran jadi alasan mengapa Byson tetap dipilih.

“Scorpio atau Tiger sebenarnya juga bisa, tapi Scorpio sekarang jarang, langka unitnya, dan harganya tinggi banget. Lebih gampang Byson, unit sekennya masih banyak,” ucap Sugimo.

“Kalau servis seperti motor standar Byson. Jadi kita hitungannya mengubah baju. Kalau daleman sama saja seperti motor standar,” kata dia.

Baca juga: Terungkap, Ini Sosok Motor Listrik Baru Gesits

Motor custom garapan Gims Garage dengan basis mesin Yamaha Byson.Dok. Gims Garage Motor custom garapan Gims Garage dengan basis mesin Yamaha Byson.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri stok unit Byson bekas pun semakin sedikit. Lantaran unit barunya sudah tak diproduksi.

“Saya mulai custom dari Oktober 2020, waktu itu kita main di Byson harga bahan masih Rp 4 juta. Sekarang sudah di angka Rp 8 juta sampai Rp 10 juta. Jadi naiknya lebih dari dua kali lipat, dan unitnya juga mulai susah,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.