Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Hujan, Sarung Tangan Wajib Dipakai Saat Naik Motor

Kompas.com - 30/12/2022, 07:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarung tangan adalah riding gear yang bisa mengurangi cedera ketika alami kecelakaan. Fungsinya adalah sebagai pelindung tangan, baik dari panas matahari atau kerasnya aspal saat terjatuh.

Namun, memasuki musim hujan seperti saat ini, sarung tangan kerap dilepas saat mau berkendara. Pengendara biasanya kurang nyaman saat sarung tangan yang digunakan kuyup terkena air.

Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, tidak ada alasan untuk melepas sarung tangan jika berkaitan dengan safety riding.

Baca juga: Bikin Motor Sport Fairing Tetap Keren di Musim Hujan

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

"Baiknya tetap dipakai (saat hujan) karena fungsinya untuk melindungi kita seumpama terjadi sesuatu untuk meminimalisir resiko," kata Lucky beberapa waktu lalu.

"Jangan terus karena hujan kemudian dilepas, berarti kita tidak ada perlindungan sama sekali ke jari kita. Jadi tetap harus dipakai," ucapnya.

Walaupun memang, jari menjadi lebih dingin atau kurang mencengkeram tuas gas, fungsi sarung tangan adalah untuk melindungi jari dan telapak.

Baca juga: Jalan Tol Terowongan Terpanjang Sudah Dibuka, Masih Gratis


Oleh karena itu, pengendara harus pintar memilih sarung tangan. Pilih model yang berkualitas, walau harga lebih mahal, tapi punya peruntukan yang sesuai, yakni berkendara.

"Jadi seharusnya memang tergantung sarung tangan juga. Kalau sarung tangannya khusus buat berkendara walaupun hujan, basah, tetap bisa digunakan," kata dia.

"Artinya fungsi sarung tangan untuk memegang grip tidak hilang atau jadi licin," ungkap Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com