Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang Akhir 2022, Apakah Ini Tahunnya Bus Single Glass?

Kompas.com - 29/12/2022, 15:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deretan karoseri pembuat bodi bus di Indonesia tahun ini mengeluarkan bus dengan tampilan single glass. Sebut saja Laksana dengan Panorama series, lalu ada Adiputro dan Tentrem yang menampilkan pilihan selain double glass.

Sebenarnya, bodi bus single glass yang baru keluar meramaikan deretan bus baru di Indonesia. Apalagi semenjak 2016, bus dengan kaca double sangat tren, semua perusahaan memilikinya.

Selain itu, bus single glass sekarang juga menawarkan tampilan bodi yang elegan, terasa timeless. Lalu apakah 2022 ini memang tahunnya bus dengan model single glass?

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Klaim Telah Operasikan 56 Bus Listrik

Bus AKAP baru PO Garuda Mas yang menggunakan bodi Jetbus 3+ SHD Single Glass buatan Karoseri AdiputroDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Garuda Mas yang menggunakan bodi Jetbus 3+ SHD Single Glass buatan Karoseri Adiputro

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, walau banyak karoseri membuat bodi single glass, varian double glass juga masih laku.

"Double glass masih laku kok, asal view tidak mengganggu penumpang," ucap Deddy kepada Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Selain itu, bodi double glass masih masuk dengan desain yang disukai masyarakat Indonesia, yakni bus yang stylish dan sporty. Berbeda dengan single glass yang menawarkan tampilan elegan serta kelegaan pandangan penumpang ke arah depan.

Baca juga: Prediksi Mobil Baru yang Meluncur di Tahun 2023, Banyak Kejutan

"Menurut saya, orang kita lebih suka yang stylish atau sporty daripada elegan. Single glass juga kalau pecah, harganya (kaca) mahal," kata Deddy.

Memang, secara karoseri, pembuatan bodi bus single glass lebih mudah daripada double. Tapi, perusahaan karoseri tentu akan selalu sediakan berbagai opsi, tergantung permintaan pemesan.

"Jadi selera pasar yang menentukan meskipun beberapa media sosial mencoba mengarahkan ke trend tertentu," kata Deddy.

Bahkan, kadang masih ada penyewa bus pariwisata yang mencari bus dengan kaca double. Sedangkan yang menyukai bus single glass biasanya orang yang menikmati pemandangan ke arah depan selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com