Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Hujan Jangan Mengendarai Motor Pakai Sandal

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan melanda berbagai daerah sejak pagi sampai malam. Bagi orang yang tetap harus beraktivitas terutama sambil naik motor harus ekstra hati-hati.

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan para pengendara motor di Indonesia saat hujan, yaitu memakai sandal. Sandal diandalkan karena praktis saat hujan, selain itu juga mudah dibersihkan.

Tetapi, sendal sangat tidak disarankan untuk dipakai berkendara, baik saat hujan atau kering sekali pun. Ada risiko pengendara alami cedera yang parah saat memakai sandal.

"Bahaya yang mungkin terjadi adalah cedera yang fatal saat kecelakaan. Bisa saja bagian kaki mengalami luka serius karena tidak terlindungi dengan baik," ucap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana kepada Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Apalagi saat hujan sebenarnya pengendara lebih berisiko alami kecelakaan karena permukaan jalan yang lebih licin. Risiko lainnya adalah tidak nyaman saat mengoperasikan kendaraan.

"Mungkis saja saat kaki mau menginjak rem dan perseneling gigi akan terpeleset ke depan. Belum lagi cipratan ait yang bercampur pasir membuat kaki tidak nyaman saat berkendara," ucapnya.

Agus menyarankan untuk memakai bungkus sepatu yang punya cengkeraman baik. Jadi sepatu yang digunakan tetap kering dan pengoperasian motor tetap maksimal.

"Jika memang tidak punya sarung khusus sepatu, memang lebih baik tetap menggunakan sepatu untuk mengurangi potensi bahaya," kata Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/29/130925915/saat-hujan-jangan-mengendarai-motor-pakai-sandal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke