Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitung Seberapa Irit BBM Suzuki Avenis 125, Dalam dan Luar Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki resmi meluncurkan Suzuki Avenis 125, akhir Oktober 2022. Skutik yang meluncur tanpa seremonial khusus tersebut akan jadi senjata baru Suzuki untuk menggedor skutik kelas 125cc.

Kompas.com sudah membahas soal desain, fitur dan rasa berkendara, maka kali ini menguji konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar merupakan salah satu hal penting karena berhubungan dengan biaya harian.

Metode yang dipakai ialah Full to Full (FTF) karena cukup sederhana untuk digunakan. Cara menghitungnya yaitu jarak tempuh dibagi dengan konsumsi BBM selama perjalanan.

Metode FTF memang belum tentu menghasilkan angka yang tepat, namun merupakan salah satu yang menggambarkan penggunaan sehari-hari. Jika ingin lebih tepat harus melakukan uji yang lebih komperhensif.

Dalam tes kali ini Kompas.com, menggunakan BBM jenis Pertamax dengan RON 92. Bensin warna biru itu dipilih karena menyesuaikan pengisian saat peminjaman. Adapun kompresi mesin Avenis 125 yaitu 10.3:1.

Kompas.com melakukan dua tes yaitu konsumsi dalam kota dan luar kota. Selama pengetesan, Kompas.com tidak mencari tingkat konsumsi BBM terendah. Buka tutup gas menyesuaikan kondisi jalan. Rider Kompas.com memiliki postur 168 Cm dengan berat 76 Kg.

Untuk tes konsumsi dalam kota, jarak tempuh mencapai 166 Km dengan jumlah BBM 3,27 liter. Artinya konsumsi BBM untuk dalam kota mencapai 50,7 Km per liter, lebih besar dari rata-rata BBM yang ada di motor dengan AVG 49,3 Km per liter.

Adapun untuk konsumsi luar kota dari Jakarta-Jonggol, Bogor, dengan jalur mayoritas turunan dan tanjakan curam serta kombinasi jalan beragam mulai dari aspal mulus, aspal kasar dan berlubang, serta sedikit jalan beton.

Total kompas.com mencatat jarak tempuh 156 Km dan menghabiskan bensin 3.09 liter. Artinya konsumsi BBM luar kota yaitu 50,4 Km per liter. Sama persis dengan rata-rata BBM yang ada di motor dengan AVG 50,4 Km per liter.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/28/102200815/hitung-seberapa-irit-bbm-suzuki-avenis-125-dalam-dan-luar-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke