Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Port Polish, Bikin Mesin Standar Jadi Lebih Kencang

Kompas.com - 27/12/2022, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dalam meningkatkan performa mesin, pemilik mobil bisa melakukan tune-up atau penyetelan mesin berdasarkan dengan standar pabriknya. Sehingga, mesin diharapkan bisa kembali seperti baru.

Namun, bila hasil tune-up tidak membuat cukup membuat Anda puas, maka memodifikasi spesifikasi mesin menjadi salah satu solusinya.

Salah satunya, dengan melakukan port polish atau pengerokan lubang masuk dan keluar di kepala silinder.

Baca juga: Tren Modifikasi Mobil di Indonesia di Tahun 2022

Modifikasi Honda Civic Estilo Alfin Photoworks Modifikasi Honda Civic Estilo

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio mengatakan, ada salah satu metode yang biasa dilakukan guna mendongkrak performa mesin dengan modal mesin standar bawaan pabrik.

“Metode tersebut namanya port polish, yaitu pengerokan pada saluran masuk dan keluar pada kepala silinder, jadi lubangnya agak dibesarkan,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan selain menambah diameter lubang saluran masuk dan keluar, di dalam port polish juga dimaksudkan untuk menghaluskan permukaannya.

Baca juga: Modifikasi Mesin Mobil yang Cocok untuk Pemula

Modifikasi Jimny Sierra 1984Kompas.com/Nanda Modifikasi Jimny Sierra 1984

“Langkah tersebut sekaligus membuat permukaan saluran masuk dan keluar menjadi lebih rapi dan halus, bahkan untuk hasil yang maksimal memerlukan mesin CNC untuk mengeksekusinya,” ucap Rio.

Dia mengatakan dengan lubang yang lebih besar, diharapkan bisa meningkatkan kompresi mesin karena udara yang masuk semakin banyak.

“Ujung-ujungnya bertujuan untuk meningkatkan kompresi mesin, karena dengan lubang masuk yang lebih besar harapannya udara yang masuk makin banyak, dengan kata lain yang masuk udara pasti” ucap Rio.

Baca juga: Modifikasi Hedon Daihatsu Gran Max, Pakai Air Suspension

Modifikasi Honda Civic EstiloAlfin Photoworks Modifikasi Honda Civic Estilo

Dia mengatakan metode port polish banyak digemari karena membutuhkan biaya yang lebih kecil namun hasilnya bisa dirasakan oleh pemilik mobil.

Jadi, port polish adalah upaya awal dalam memodifikasi mobil dengan cara membesarkan dan menghaluskan lubang saluran masuk dan keluar pada kepala silinder. Bisa dibilang ini adalah modifikasi ringan saja untuk mesin standar bawaan pabrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com