Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Naik Mobil Listrik, Catat Daftar SPKLU di Rest Area

Kompas.com - 22/12/2022, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), mungkin ada sebagian pengguna mobil listrik yang berencana untuk pergi ke luar kota dengan mobil tersebut. Sebelum memulai liburan, jangan lupa untuk menerapkan manajemen perjalanan.

Pilihan mobil listrik semakin bertambah. Pemerintah juga terus mendukung perkembangan ini dengan memperkuat infrastruktur.

Baca juga: Cara Mudah Cari SPKLU Untuk Pengguna Mobil Listrik di Indonesia

Untuk diketahui, per Oktober 2022, secara nasional juga sudah dibangun 413 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 295 lokasi.

Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLUKompas.com/Donny Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU

Perusahaan Listrik Negaga (PLN) sendiri mengklaim telah berpartisipasi dalam pembangunan 224 unit SPKLU atau 54 persen dari total SPKLU secara nasional di 135 lokasi.

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, khususnya menggunakan mobil listrik, bukan hanya kondisi mobilnya saja yang harus dipersiapkan. Tapi, perhitungkan juga daya tempuh mobil dengan keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang rute perjalanan.

Baca juga: Perbanyak SPKLU Bisa Dorong Tren Kendaraan Listrik

Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, bagi para pengguna mobil listrik sebaiknya selalu melakukan travel planning dan travel management.

Pegawai Dinas ESDM Jawa Tengah mengisi daya mobil listrik di salah satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum (SPKLU), Senin (19/9/2022).Pemprov Jateng Pegawai Dinas ESDM Jawa Tengah mengisi daya mobil listrik di salah satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum (SPKLU), Senin (19/9/2022).

"Perhatikan jarak tempuh yang akan dilakukan dan juga memperhatikan kapasitas baterai listrik yang ada di mobil listrik yang dimiliki," ujar Suprayetno, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sehingga, menurut Suprayetno, pengguna mobil listrik akan dapat selalu mengatur waktu melakukan pengisian daya pada mobil listrik, untuk perjalanan yang lebih nyaman.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)

Belum lama ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga akan menyiapkan 10 titik SPKLU di rest area pada jalan tol yang dikelolanya. Persiapan ini merupakan salah satu upaya Jasa Marga untuk meningkatkan layanan di rest area jelang libur Nataru 2023.

Berikut ini daftar lengkap dari 10 titik SPKLU di rest area jalan tol kelolaan Jasa Marga:
1. Rest Area KM 10 Tol Jagorawi
2. Rest Area KM 38 Tol Jagorawi
3. Rest Area KM 14 Tol Jakarta-Tangerang
4. Rest Area KM 6 Tol Jakarta-Cikampek (Japek)
5. Rest Area KM 207 A Tol Palimanan-Kanci (Palikanci)
6. Rest Area KM 208 B Tol Palikanci
7. Rest Area KM 379 Tol Semarang-Batang
8. Rest Area KM 389 Tol Semarang-Batang
9. Rest Area KM 519 A Tol Solo-Ngawi
10. Rest Area KM 519 B Tol Solo-Ngawi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com