Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onderdil yang Wajib Diganti Sebelum Perjalanan ke Luar Kota

Kompas.com - 21/12/2022, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru, perlu adanya persiapan bagi masyarakat yang hendak pergi ke luar kota. Baik persiapan keuangan, kesehatan serta mental.

Terlebih lagi bagi Anda yang ingin memanfaatkan transportasi darat berupa mobil pribadi. Maka, persiapan yang harus dilakukan tidak hanya mencakup diri sendiri dan anggota keluarga saja tapi mobil juga perlu diperhatikan.

Jangan lupa untuk memeriksa mobil Anda ke bengkel, sebab ada part yang wajib diganti sebelum perjalanan luar kota tersebut. Lantas, apa saja part tersebut?

Baca juga: Biaya Servis New Xpander Cross Selama 5 Tahun, Sebulan Rp 190.000

Ilustrasi servis mobilDok.Auto2000 Ilustrasi servis mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan part yang wajib diganti sebelum perjalanan luar kota adalah part yang sifatnya safety dan kondisinya sudah mulai rusak atau habis masa pakainya.

“Part yang bersifat safety, meski part tersebut masih bisa dipakai, tapi kondisinya sudah mulai tidak bagus itu harus diganti bila tidak ingin ambil risiko di jalan,” ucap Didi kepada Kompas.com, Rabu (21/12/2022).

Dia mengatakan part yang sifatnya sebagai penunjang keselamatan pengendara memang harus dalam kondisi prima. Sehingga perjalanan akan menjadi aman dan nyaman.

Baca juga: Servis Perdana 1.000 Km, Apakah Harus Ganti Oli Mesin?

Ilustrasi servis di bengkel resmi MitsubishiDok. KTB Ilustrasi servis di bengkel resmi Mitsubishi

 

“Seperti kampas rem, meski ketebalannya masih cukup, bisa dipakai, tapi kok mendekati limitnya, sebaiknya diganti saja, karena kampas rem akan bekerja cukup banyak selama perjalanan, dan itu sifatnya safety,” ucap Didi.

Dia mengingatkan jangan sampai diperjalanan mengalami habis kampas rem atau yang lebih parah lagi.

“Berhubung kampas rem adalah komponen penunjang keselamatan, maka sebaiknya pemilik mobil tidak ambil risiko dengan mengganti kampas rem yang mulai tipis tersebut sebelum bepergian luar kota,” ucap Didi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Garansi Hangus Jika Abaikan Servis 1.000 Km Pertama?

Ilustrasi servis di bengkel resmi MitsubishiDok. MMKSI Ilustrasi servis di bengkel resmi Mitsubishi

 

Dia juga mengatakan part yang wajib diganti selain kampas rem adalah ban, karet wiper dan v-belt.

“Part yang sifatnya safety ada ban, karet wiper dan v-belt, beberapa komponen tersebut harus dalam kondisi terbaiknya sebelum perjalanan jauh, sebab bila nanggung tapi masih dipertahankan justru di perjalanan berisiko menghambat perjalanan,” ucap Didi.

Jadi, ada beberapa part yang wajib diganti sebelum pergi luar kota bila tidak ingin menanggung risiko di tengah perjalanan. Seperti kampas rem, v-belt, karet wiper dan ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com