Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Gazoo Racing Indonesia Raih Hasil Positif di Ajang Balap Toyota Yaris Cup 2022

Kompas.com - 16/12/2022, 13:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Gazoo Racing Indonesia bersama TCD Asia Pacific Indonesia sukses mengukir prestasi baru.

Raihan ini diperoleh pada gelaran Grand Final Toyota Yaris Cup 2022 yang berlangsung di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, pada Minggu (11/12/2022),

Saat sesi kualifikasi yang diikuti oleh 94 pebalap, Jordan Johan, yang menjadi tumpuan Toyota Gazoo Racing Indonesia sukses meraih posisi ke-30.

Baca juga: Perjalanan Toyota Kembangkan Hybrid hingga Jadi Pionir

Toyota Gazoo racing Indonesia di Toyota Yaris Cup 2022TGRI Toyota Gazoo racing Indonesia di Toyota Yaris Cup 2022

Hal tersebut dikarenakan sistem bracket time, di mana hanya pebalap yang mencetak waktu tercepat sesuai regulasi, dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti balapan.

“Dari 94 pembalap yang mengikuti sesi kualifikasi, saya berhasil masuk ke urutan 30. Menurut saya ini adalah pencapaian yang baik, terima kasih kepada tim yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ujar Jordan Johan.

Pebalap berusia 22 tahun itupun semakin menunjumkan taji saat balapan dimulai. Meski harus beradu cepat dengan Toyota Yaris berspesifikasi standar, namun Jordan sukses memaksimalkan potensi mobil tersebut untuk bisa tampil maksimal.

Baca juga: Ada Insentif Mobil Listrik Rp 80 Juta, Bisa Picu Letupan Penjualan

Toyota Gazoo racing Indonesia di Toyota Yaris Cup 2022TGRI Toyota Gazoo racing Indonesia di Toyota Yaris Cup 2022

Pada balapan Toyota Yaris Cup 2022, semua mobil yang dipertandingkan memang harus mengikuti regulasi standar alias tidak ada modifikasi besar.

Adapaun untuk beberapa komponen yang diperbolehkan untuk diganti antara lain suspensi, pelek, ban serta sudah ada roll bar bolt on.

Sepanjang balapan yang berlangsung 10 putaran, Jordan sukses menuntaskan dengan maksimal dan menyelesaikan balapan di posisi 16. Pebalap yang dimentori oleh Haridarma Manoppo itu sukes melewati 14 pembalap yang ada di depannya.

“Saat balapan performa Jordan bagus, senggolan dengan lawan itu normal dan kalau dari posisi start ke 30 bisa finish ke 17 akhirnya saat official result naik ke-16 karena ada pembalap yang mungkin terkena penalti, overall sangat bagus. Hanya saja menurut saya dia harus lebih memahami bagaimana caranya menyetir dengan menggunakan ban baru," ucap Haridarma.

Sementara itu, Toshio Obara, Executive Advisor TGRI and President Director TCD AP Indonesia, turut mengapresiasi keberhasilan pebalap muda Indonesia ini.

Menurutnya, performa yang ditampilkan oleh Jordan Johan saat balapan di Negeri Sakura ini mampu memberikan hasil yang luar biasa.

“Dia bekerja dengan sangat baik, saya bangga. Mekanik Jepang pun mengapresiasi bahwa pembalap Indonesia itu memang sangat bagus, terlebih ia hanya melakukan sedikit latihan tapi bisa mendapatkan kecepatan yang baik,” kata Toshio Obara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.