Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bodi Bus Unik dari New Armada Bernama Superbus, Kental Gaya Eropa

Kompas.com - 15/12/2022, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri New Armada memang punya lini produk bus yang unik-unik. Misal seperti bodi bernama Superbus yang diperkenalkan pada 2011.

Bodi Superbus bisa dibilang punya desain yang berbeda daripada bus-bus pada zamannya. Misal pada bagian depan, model lampu ada cover sendiri yang menyambung dari kiri ke kanan, modelnya seperti yang dipasang pada mobil penumpang.

Selain itu, pada bagian samping menggunakan selendang model boomerang dan cukup unik bentuknya. Kemudian di bagian pintu, seperti dicat hitam, menyambung dengan bagian kaca samping yang super lebar.

Baca juga: Jangan Tinggalkan Tas Saat Perjalanan Naik Bus AKAP

Bodi Superbus buatan Karoseri New Armada Twitter/shdtama_ Bodi Superbus buatan Karoseri New Armada

Mengenai Superbus, Deddy Hermawan, Design Development Karoseri New Armada mengatakan, lini produk ini muncul setelah bodi Evonext, tapi nasibnya tidak sebaik Evonext.

"Superbus digagas untuk menggunakan all press part di mana New Armada memiliki fasilitas dies stamping yang cukup mumpuni," ucap Deddy kepada Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Desain yang unik ini ternyata memang hasil karya salah satu rumah desain di Indonesia. Oleh karena itu, modelnya memang unik ketimbang bus lain yang saat itu cukup monoton bentuknya.

Baca juga: Daftar Motor Listrik yang Bakal Dapat Insentif Rp 8 Juta

"Saat itu, tim desainnya ingin memberikan arahan terhadap arah desain bus di Indonesia dengan konsep-konsep yang ke depan," ucap Deddy.

Tapi sayang, populasi Superbus tidak terlalu banyak di jalanan, paling dimiliki PO Nusa Indah. Saat itu, Superbus memang dijual beriringan dengan Evonext yang lebih laku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com