Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Serius Garap Motorsport dengan Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Kompas.com - 14/12/2022, 08:01 WIB
Aris F Harvenda

Editor

KOMPAS.com - Toyota makin memperluas kampanye karbon netral yang merambah ajang balap mobil di luar Jepang.

Pada kesempatan kali ini, Toyota Motor Corporation (TMC) dan Rookie Racing akan berpartisipasi pada Idemitsu 1.500 Super Endurance 2022 (Thailand 25H Endurance Race) di Chang International Circuit, Thailand, 17 - 18 Desember 2022.

Baca juga: TGRI Raih Gelar Juara Nasional Kejurnas ITCR Max 1.600 dan Juara Ke-2 Kejurnas ITCR 1.200 Musim 2022

Partisipasi kali ini sifatnya eksebisi karena kedua tim tidak ikut 25 jam penuh dan hanya akan menjalani balap di beberapa jam awal dan jelang finish.

GR Corolla H2

Kedua tim tersebut akan menggunakan mobil konsep ORC Rookie GR Corolla H2 yang dibekali dengan mesin konvensional berbahan bakar hidrogen. GR Corolla ini akan turun di kelas divisi 2.

Mesin konvensional yang digunakan sudah dimodifikasi sedemikian rupa, terutama pada sistem injeksi sehingga bisa menggunakan bahan bakar hidrogen.

Diklaim, penggunaan hidrogen tersebut selain memberikan 0 (nol) emisi CO2, pembakaran lebih cepat daripada pemakaian bahan bakar bensin, dan punya karkateristik torsi yang lebih baik.

Baca juga: Toyota Kembangkan Corolla Cross H2 Hydrogen, Pakai Jantung GR Corolla

GR 86 CNF

Mobil lain yang dipakai untuk eksebisi adalah konsep ORC Rookie GR86 CNF. Sama dengan GR Corolla, GR86 kali ini juga menggunakan bahan akar karbon netral yang ramah lingkungan.

Bahan bakar karbon netral adalah bahan bakar cair yang diproduksi secara artifisial dari karbon dioksida (CO2) dan hidrogen. Jenis ini dianggap karbon netral karena jumlah CO2 yang dihasilkan saat pembakaran sama dengan yang diperoleh saat proses produksi bahan bakar itu sendiri.

Jenis bahan bakar sintetis yang terbuat dari hidrogen yang diproduksi dengan energi terbarukan juga dikenal sebagai bahan bakar elektronik. Atas dasar itulah bahan bakar sintetik dan bahan bakar yang berasal dari tanaman ini dikategorikan sebagai bahan bakar karbon netral.

Debut Toyota GR Yaris H2 di ajang WRC 2022Toyota Debut Toyota GR Yaris H2 di ajang WRC 2022

Motosport Asia

Debut Toyota di ajang motorsport yang menggunakan mobil ramah lingkungan di Thailand 25H Endurance Race 2022 bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya pada putaran ke-9 WRC di Ypres, Agustus 2022 lalu, dan putaran ke-13 di Jepang, November 2022, Rookie Racing dan Toyota menguji GR Yaris H2 berbahan bakar hidrogen.

Langkah tersebut bertujuan untuk menunjukkan potensi hidrogen sebagai opsi untuk mencapai netralitas karbon atau pengurangan emisi gas buang dalam kondisi rally yang panjang.

Bahkan Presiden Direktur TMC Akio Toyota yang menggunakan nama Morizo di ajang motorsport, mengemudikan mobil tersebut untuk memberikan penilaian dari segi keselamatan dan kinerjanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com