Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Penjualan Daihatsu, Rocky Belum Bisa Salip Terios

Kompas.com - 13/12/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang Januari hingga November 2022, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil mengantongi penjualan ritel 172.449 unit.

Hasil pencapaian tersebut naik sekitar 29,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yakni 132.950 unit.

Pada jangka waktu yang sama, pasar otomotif nasional mencatat pencapaian ritel sekitar 909.000 unit, atau naik 19 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama, sekitar 761.000.

Penjualan ritel Daihatsu secara persentase 11 bulan tahun ini lebih besar dari penjualan otomotif nasional. Bahkan diklaim market share-nya naik 1,5 persen menjadi 19 persen dibanding year to date (YTD) November 2021 yang hanya 17,5 persen.

Baca juga: Penjualan Mazda Diklaim Tembus 3.800 Unit hingga Akhir 2022

Untuk komposisi penjualan, kurang lebih masih sama dengan bulan lalu yang didominasi tiga model utama.

Daihatsu New Sigra mendapat ubahan pada eksterior dan interiornyaKompas.com/Donny Daihatsu New Sigra mendapat ubahan pada eksterior dan interiornya

Pertama adalah segmen mobil murah, yakni Sigra dengan penjualan mencapai 42.513 unit atau berkontribusi 24,7 persen.

Kedua ada Gran Max pikap pada segmen niaga ringan dengan penjualan mencapai 41.688 unit atau 24,2 persen. Terakhir Xenia dengan kontribusi 12,9 persen atau terjual 22.222 unit dari Januari hingga November 2022.

Selebihnya juga demikian, Ayla masih berada di posisi keempat dengan pencapain 21,053 unit. Untuk Rocky yang bermain di segmen LSUV juga belum bisa menyalip pamor Terios di urutan kelima.

Rocky yang terjual 9.255 unit, harus puas berada di urutan ketujuh, atau di bawah Gran Max minibus yang sampai November sudah berkontribusi 7,9 persen dengan penjualan 13.660 unit.

Baca juga: Mengenal Bedanya Transmisi Matik CVT dan AT

Modifikasi Daihatsu Xenia Sport bergaya JDM di GIIAS 2022Dok. ADM Modifikasi Daihatsu Xenia Sport bergaya JDM di GIIAS 2022

"Kami bersyukur dapat mempertahankan penjualan dengan capaian positif dengan kenaikan 30 persen hingga November 2022. Semoga raihan positif ini terus berlanjut, dan pasar otomotif dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya," ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam keterangan resminya, Selasa (13/12/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com