Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Lubang di jalan saat musim hujan, sudah menjadi musuh utama pengguna kendaraan, termasuk mobil. Hal itu karena bisa merusak beberapa komponen kaki-kaki, terutama pelek

Kebanyakan kasus, pelek mobil rusak atau peyang, bahkan sampai retak. Masalah semacam itu tentu membutuhkan solusi penanganan agar pelek bisa tetap digunakan tanpa harus membeli baru untuk menekan biaya. 

Namun hal pertama yang dipikirkan pemilik mobil sebelum memperbaiki adalah masalah kekuatannya, mengingat pelek akan digunakan kembali dan dikhawatirkan struktur material akibat insiden sudah berubah. 

Maka dari itu, perlu diketahui apakah aman untuk memperbaiki pelek yang rusak tersebut? 

Baca juga: Cek Daftar Harga Mobil Hybrid Jelang Akhir Tahun

Menurut Yanika Prabantara , pemilik bengkel Toros Garage Semarang, pelek yang rusak tetap bisa diperbaiki. Biaya perbaikan tersebut ditentukan kondisi fisik dan kerusakan. 

Pelek peyang menyebabkan stabilitas mobil terganggu Dicky Aditya Wijaya Pelek peyang menyebabkan stabilitas mobil terganggu

"Jika sedikit, cuma peyang di bagian ujung itu masih gampang. Perbaikan cuma merapikan ulang titik tersebut. Tetapi, sebaliknya bila terlanjur parah, bagian pelek seluruhnya di press ulang menggunakan mesin khusus," kata Yanika kepada Kompas.com, Selasa (6/12/2022). 

Meskipun demikian, Yanika mengatakan, sebelum tahap perbaikan pelek akan dilihat detail kondisinya.

Alur kerusakan seperti titik peyang, retak, dan struktur material benar-benar diperhatikan terlebih dahulu. 

"Kalau kasusnya peyang perbaikan Rp 195 ribu per titik. Sementara, jika pelek retak Rp 225 ribu per titik. Perbaikan nanti di kenteng atau di press tergantung tingkat kerusakan," ucapnya. 

Yanika juga mengatakan, bisa menerima reparasi perbaikan pelek yang rusak ringan. Perbaikan nanti juga menggunakan mesin press dan bubut. 

Baca juga: Kenapa Bisa Muncul Bercak Karat di Piringan Cakram Mobil?

"Biasanya masalahnya pelek grepes (bibir pelek), kebanyakan menyerempet trotoar. Permukaan di haluskan agar kembali presisi. Lalu dilakukan finishing cat spet titik-titik yang rusak," kata dia. 

Pelek peyang Dicky Aditya Wijaya Pelek peyang

Seratus persen fungsi pelek yang rusak tersebut tak bisa kembali sepenuhnya. Yanika menyarankan, untuk menyeimbangkan kembali nantinya harus dilakukan proses balancing

"Putaran roda harus diseimbangkan ulang, bisa dengan balancing roda," kata dia. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.