Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 11:18 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi Triton Ralliart menunjukan ketangguhannya di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21 - 26 November 2022.

Pebalap yang diandalkan berhasil tampil membanggakan dengan meraih kemenangan oleh Chayapon Yotha dari Thailand dan posisi lima diraih Rifat Sungkar perwakilan Indonesia.

Baca juga: Alex Marquez Sebut Sprint Race Bagian dari Pertujukan MotoGP

AXCR 2022 sendiri sajikan 6 Special Stage yang melintasi jalur negara Thailand dan Kamboja sepanjang 1.700 km dengan tantangan 6 Special Stage (SS).

Ketangguhan Mitsubishi Triton yang terbukti finis terdepan dikendarai Chayapon mampu menyelesaikan total waktu 8 jam 22:42 detik.

Sedangkan Rifat Sungkar terpaut 17:14 detik di garis finis posisi lima, padahal Mitsubishi Triton Ralliart masih banyak membawa spesifikasi standar.

Penampilan Mitsubishi Triton di ajang balap paling ganas di Asia ini menjadi pembuktian terhadap kualitas dan durabiliti mobil tersebut memang dikembangkan tangguh di berbagai medan jalan.

Uniknya pebalap Rifat Sungkar tidak melakukan ubahan apapun pada sektor mesin, hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya. Selain sebagai regulasi, sekaligus pembuktian terhadap tenaga mesin Mitsubishi Triton yang mumpuni tampil di ajang rally kelas international.

Tim Mitsubishi Ralliart saat mengikuti Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di ThailandDok. Mitsubishi Tim Mitsubishi Ralliart saat mengikuti Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Namamura mengatakan, bahwa AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya.

“Sedangkan dalam pengalaman pertama Rifat mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart. Melihat fakta bahwa mobil yang digunakan pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton, yang dibuktikan langsung di lokasi," kata Naoya pada keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Tanggapan Alva Soal Wacana Subsidi Motor Listrik dari Pemerintah

Rifat Sungkar, pereli yang juga sebagai brand ambassador Mitsubish, mengakui banyak drama pada awal, tapi berhasil mengejar ketertinggalan berkat tim Mitsubishi Ralliart sigap memberikan penanganan.

“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh,” kata Rifat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.