Kompas.com - 18/11/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP musim 2022 sudah berakhir. Setelah dua musim protokol Covid-19 yang membatasi penonton, musim ini dilonggarkan sehingga MotoGP kembali ramai dengan aksi suporter.

Angka resmi MotoGP mencatat total ada 2.427.928 orang penonton yang hadir di menyaksikan balapan sepanjang 2022. Angka tersebut merupakan total penonton sebanyak 19 seri dari total 20 seri yang direncanakan.

Baca juga: 3 Sasis Bus Terlaris di Indonesia Oktober 2022

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (tengah) duduk bersama dua pesaing terdekat di papan klasemen MotoGP 2022, Fabio Quartararo (kiri) dan Aleix Espargaro (kanan). Mereka akan tampil pada MotoGP Malaysia 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada 21-23 Oktober.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (tengah) duduk bersama dua pesaing terdekat di papan klasemen MotoGP 2022, Fabio Quartararo (kiri) dan Aleix Espargaro (kanan). Mereka akan tampil pada MotoGP Malaysia 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada 21-23 Oktober.

Mengutip Crash.net, penonton terbanyak tercatat di GP Jerman dengan jumlah penonton 232.002 yang mendatangi Sirkuit Sahsenring. Sedangkan penonton tersepi ialah seri pembuka GP Qatar dengan 17.972 penonton.

Angka tersebut dihitung dengan menjumlahkan angka pentonton sepanjang akhir pekan yakni hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, artinya bisa saja penonton yang hadir lebih dari satu hari dihitung dua atau tiga kali.

Sebelumnya, MotoGP dinilai mulai kehilangan pamor dan ditinggalkan penonton. Dalam beberapa balapan tahun ini, seperti di Portimao dan Jerez, jumlah penontonnya berkurang drastis.

Bahkan, pada saat GP Italia, di Sirkuit Mugello 2022 diketahui tiket yang terjual hanya setengah dari musim 2021. Hal ini disebut karena ada pengaruh dari Valentino Rossi yang pensiun usai musim 2021.

Baca juga: OJK Ungkap Tantangan Pembiayaan Kendaraan Listrik

Seorang pekerja berdiri di bukit 360 Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (28/1/2022). Pemerintah resmi menyetujui penambahan jumlah kapasitas penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu orang untuk gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.AHMAD SUBAIDI Seorang pekerja berdiri di bukit 360 Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (28/1/2022). Pemerintah resmi menyetujui penambahan jumlah kapasitas penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu orang untuk gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Mantan pebalap MotoGP Jorge Lorenzo mengatakan, kondisi MotoGP saat ini mengatakan mulai turun pamor MotoGP disebabkan dari sikap para pebalap. Di mana saat ini semua rider MotoGP tampak seperti teman.

Padahal justru peperangan baik di dalam dan di luar lintasan balap yang menjadi daya tarik bagi penonton.

“Pertempuran tanpa henti membuat ramai penonton. Sekarang mereka semua tampak seperti teman,” ucap Lorenzo dikutip dari AS, Agustus lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Crash


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.